Rabu 14 Feb 2018 21:47 WIB

Ini Alquran Terkecil di Dunia, Beratnya Hanya 1,1 gram

Benda bersejarah tak hanya di Jazirah Arab, tapi juga ditemukan di masyarakat Hui

Rep: nasihin masha/ Red: Joko Sadewo
Alquran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.
Foto:

Alquran berukuran kecil tak hanya ada di Yinchuan, Ningxia, Tiongkok. Sejumlah kolektor dan museum di berbagai belahan dunia lain juga mengklaim menyimpan Alquran terkecil di dunia.

ARAB SAUDI

Situs arabnews.com pada edisi 25 Oktober 2004 memberitakan bahwa Dr Muhammad Karim Beebani mengaku memiliki Alquran terkecil di dunia. Hal itu sesuai dengan pengakuan dari The Guinness World Records. Alquran itu dicetak di Kairo, Mesir, pada 1292 H atau 1875 M.

Alquran tersebut terdiri atas 571 halaman dengan panjang 1,7 cm, lebar, 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Tiap halaman berisi 18 baris. Adapun penulis kaligrafinya adalah Ali Usman. Beebani mengaku membeli Alquran itu dari kolektor di London, Inggris. Menurutnya, Alquran tersebut menggunakan huruf gaya Maghribi dan diberi nomor Arab maupun Latin.

Beebani sendiri berdarah Pakistan dan ahli fisikan. Ia telah tinggal di Arab Saudi selama 32 tahun hingga tahun 2004 tersebut dan mengajar di Universitas King Abdul Aziz. Ia mendapat Alquran tersebut pada 2003.

Arabnews.com menyebutkan bahwa Guinness Book telah mencatat bahwa sebelum ada klaim dari Beebani, maka Alquran terkecil yang memiliki 572 halaman adalah milik Narendra dan Neera Bhatia dari Faridabad, India.

Kini, rekor ini beralih pada koleksi milik Beebani. Beebani juga menyampaikan bahwa sebuah museum di Tiongkok menyimpan Alquran yang lebih kecil daripada milik Narendra dan Neera. Namun ia mengklaim miliknya lebih kecil daripada koleksi museum di Tiongkok tersebut.

Berdasarkan data ini, Alquran di Ningxia dan Saudi tersebut dibuat oleh orang yang sama namun terbit di tahun yang berbeda. Koleksi Beebani lebih kecil daripada koleksi Museum Ningxia.

IRAN

Kantor berita Iran, Irna, seperti dikutip situs theiranproject.com juga mencatat Alquran terkecil di dunia di negeri itu. Irna menyebutkan Alquran kecil itu ada tiga buah dan kini disimpan di Perpustakaan Pusat Astan Quds Razavi. Perpustakaan tersebut berada di kota Mashad. Irna tak menyebutkan ukuran Alquran tersebut namun hanya disebutkan bahwa Alquran itu dicetak di Mesir.

UNI EMIRAT ARAB

Situs emirates247.com pada edisi 22 April 2012 juga memberitakan bahwa di Uni Emirat Arab juga terdapat salah satu Alquran terkecil di dunia. Alquran itu milik Muhannad Ameel Issa, seorang beragama Kristen. Ia mendapatkannya dari pendahulunya, yang mendapatkannya dari Yerusalem, seperti diberitakan koran Al Jazeera. Ameel membawanya dari Yerusalem ke Emirat pada 1989. Adapun Alquran tersebut berukuran lebar 8 cm dan panjang 5,1 cm. Ia memperkirakan Alquran itu berusi 400 tahun dan berisi 550 halaman. Tak ada penjelasan Alquran tersebut dicetak di mana.

Situs moroccoworldnews.com juga memberitakan hal yang sama. Situs ini memberikan tambahan bahwa Alquran tersebut ditulis dengan huruf gaya Maroko alias Maghribi.

Sejumlah kolektor dari berbagai negara – seperti Pakistan dan Malaysia -- juga mengaku memiliki koleksi Alquran kecil. Museum pribadi milik seorang ayatullah di kota Qom juga memiliki koleksi Alquran berukuran mini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement