Selasa 23 Jan 2018 15:00 WIB

Awal Mula Penyebutan Istilah Moor

Moor sebuah kata yang mengacu pada orang yang berasal dari Maroko.

Masjid Moorish, Punjab.
Foto: pinterest.com
Masjid Moorish, Punjab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangsa Moor adalah sebut an untuk umat Islam di Semenanjung Iberia yang memerintah Spanyol antara 711 M hingga 1492. Pemimpin Islam yang mencapai Spanyol pertama kalinya adalah Abd al-Rahman.

Orang-orang Kristen di Semenanjung Iberia mulai menggunakan istilah ‘Moor’ secara eksklusif untuk umat Islam. Moor merupakan sebuah kata yang mengacu pada orang yang berasal dari Maroko.

Hal tersebut disebabkan umat Islam yang pertama tiba di Spanyol pada 711 merupakan orang Arab yang berasal dari Afrika Utara. Selain Moor, kata-kata lain, seperti ‘Moriscos’ dan ‘Mudejares’ digunakan untuk sebutan bangsa Moor pada pertengahan abad ke-13.

Bangsa Moor tinggal di Andalusia, Spanyol, yang pada periode awal sejarah termasuk wilayah Portugal dan selatan Prancis. Pada Ramadhan 732 M, umat Islam dikalahkan di Tours-Poitiers, Prancis, yang dikenal dengan sebutan “The Pavement of the Martyrs” atau dalam bahasa Arabnya “Balaat as- Syuhad” yang berarti tanah para syuhada.

Akibat kekalahan tentara Moors dari pasukan Karel Martel (Char lemagne) tersebut, kontrol umat Islam di wilayah Tou louse, Narbonne, Lyon, dan wilayah Prancis Selatan lainnya menghilang hingga 975 M. Setelah Prancis gagal di kua sai, umat Islam di Spanyol memusatkan perhatian pada Andalusia, Spanyol selatan, untuk membangun sebuah peradaban.

sumber : Mozaik Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement