Jumat 19 Jan 2018 06:21 WIB

Nuansa Menyejukan Masjid Hazrat Kazakstan

Masjid Sultan Hazrat di Kazakhstan
Foto: asianranking.com
Masjid Sultan Hazrat di Kazakhstan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Interior Masjid Hazrat Sultan didominasi warna putih, tapi kali ini lebih memantulkan kesan perak dari marmer. Ben tangan permadani berwarna hijau mengesankan tundra khas bumi Kazakhstan.

Nuansa menyejukkan dan khusyuk terpancar dari perpaduan warna hijau dan putih ini. Kesan demikian semakin intens bila kita menyaksikan pola-pola geografis yang indah pada langit-langit, yang membentuk pola lingkaran-lingkaran.

Itu semua berwarna selang-seling hijau dan biru. Terdapat kaligrafi yang mengguratkan kalamullah di sana. Tepat di bawah kubah utama, sebuah lampu kristal tergantung dengan anggunnya.

Kompleks Masjid Hazrat Sultan cukup lapang dan karenanya mampu menampung hingga 10 ribu orang. Luasnya secara keseluruhan sekitar 11 hektare.

Bangunan utamanya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain perpustakaan, madrasah, dan balai per temuan. Pemerintah setempat memaksudkan masjid ini bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga pusat aktivitas peradaban warganya.

Selain itu, Masjid Hazrat Sultan juga tergolong sebagai salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan bagi siapa pun yang melancong ke Asia Tengah.

(Baca Juga: Masjid Hazrat, Bukti Mengakarnya Islam di Kazakstan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement