Rabu 17 Jan 2018 15:30 WIB

Masjid Education Center Sentra Pembelajaran Siswa

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid Education Center, Qatar.
Foto: Qatar Foundation
Masjid Education Center, Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 20 Maret 2015 shalat Jumat pertama di- gelar sekaligus menandai peresmian Masjid Education City. Dalam acara tersebut, ketua Yayasan Qatar saat itu, Syeikha Moza binti Nasser, memberikan apresiasi di hadapan ratusan jamaah yang kebanyakan adalah mahasiswa.

Sebagai informasi, Education City merupakan inisiatif Yayasan Qatar pada 1997 dan diresmikan pada 2003. Di dalamnya, terdapat berbagai fasili- tas pendidikan, mulai dari tingkat taman kanak- kanak hingga riset perguruan tinggi level dunia.

Selain QFIS, ada belasan universitas luar negeri yang membuka cabang di Education City.

Mereka berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Pran- cis.

Bukan hanya tempat menunaikan ibadah sha- lat, masjid ini juga menjadi sentra pembelajaran para mahasiswa di kawasan Education City. Sebut saja, perpustakaan Masjid Education Center yang memiliki koleksi buku-buku dan ruang diskusi yang sangat nyaman.

Selain itu, masjid ini juga diperkaya dengan fasilitas-fasilitas edukatif lainnya. Di antaranya adalah Pusat Kajian Moderasi dan Pembaruan Islam al-Qaradawi, Pusat Ekonomi dan Keuangan Islam, Pusat Studi Masyarakat Muslim Kontem- porer, dan Pusat Studi Kontribusi Muslim bagi Peradaban (The Muhammad bin Hamad al-Tsani Center).

Pada 2011 Pusat Kajian Legislasi dan Etika Islam didirikan dekat masjid ini. Setiap Ramadhan, kajian-kajian digelar secara rutin dan meng- hadirkan sejumlah narasumber tingkat dunia oleh pihak Masjid Education Center. Demikian di- lansir dari Doha News, dalam pemberitaannya pada 28 Maret 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement