Jumat 12 Jan 2018 17:30 WIB

Tak Sulit Temukan Masjid di Cape Town

Masjid Al-Awwal (Owal), masjid pertama di Cape Town, Afrika Selatan.
Foto: inminds.com
Masjid Al-Awwal (Owal), masjid pertama di Cape Town, Afrika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain makam atau karamat para penyebar agama Islam, di Cape Town juga terdapat beberapa masjid. Salah satunya adalah Masjid Auwal. Ini adalah masjid tertua dan menjadi kebanggaan Afrika Selatan. Masjid ini didirikan pada 1798 dan diimami oleh Imam Abdullah Kadi Abdus Salaam atau Tuan Guru. Beliau adalah imam pertama masjid ini. Masjid Auwal yang terletak di Dorp Street merupakan simbol perjuangan Muslim Cape Town untuk mendapat kebebasan beragama di negeri ini.

Ada pula Masjid Palm Tree. Didirikan pada 1820, inilah masjid kedua tertua di Bokaap, Cape Town. Masjid yang terletak di Long Street ini awalnya merupakan rumah yang dialihfungsikan menjadi masjid. Imam pertama masjid ini adalah Abdulgamiet van Bengalen.

Umat Islam di Cape Town juga memiliki Masjid Nurul Islam. Ini adalah masjid ketiga tertua yang didirikan pada 1844 oleh anak Tuan Guru, yakni Imam Abdul Rauf. Lokasi masjid ini tak terlalu jauh dari Masjid Auwal.

Masjid tua lainnya di Cape Town adalah Masjid Boorhanool Islam yang didirikan pada 1884. Berada di Jalan Longmarket, masjid ini awalnya memiliki menara yang terbuat dari kayu. Namun, saat Cape Town diserang badai pada 1930 dan menghancurkannya, menara masjid ini akhirnya diganti dengan bangunan beton. Saat itu pula, seluruh bangunan masjid direnovasi dan ditetapkan sebagai monumen nasional.

Tak hanya masjid-masjid ini yang terdapat di Cape Town. Di kota ini juga terdapat sejumlah masjid kecil yang bisa ditemui di hampir setiap sudut kota. Jadi, sungguh tidak sulit menemukan masjid di Cape Town!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement