Selasa , 14 November 2017, 20:15 WIB

Istana Nurul Iman Berbiaya Tinggi dan Kaya Fasilitas

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Istana Nurul Iman Brunei Darussalam
Istana Nurul Iman Brunei Darussalam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana Nurul Iman ini pembangunannya menghabiskan uang sekitar 1,4 miliar dolar AS atau Rp 15 triliun ini terdapat beberapa bangunan megah, di antaranya, bangunan masjid yang bisa menampung sekitar 1.500 jamaah. Sementara, ruang utama Istana Nurul Iman ini mampu menampung sekitar 5.000 tamu undangan.

Masih pada bagian interior Istana Nurul Iman, tampaknya kesan warna buatan tidak begitu mendominasi pada bagian dalam. Semua unsur warna ditimbulkan oleh masing-masing bahan yang digunakan untuk membangun istana.

Seperti diketahui, bahan bangunan Istana Nurul Iman ini kebanyak terbuat dari granit dan marmer yang digunakan sebagai lanti dasar dan dinding serta anak tangga.

Selain itu, Istana Nurul Iman juga dilengkapi bangunan penyimpanan alat transportasi kerajaan. Misalnya, pada garasi Istana Nurul Iman mampu menampung sekitar 110 mobil dan garasi untuk menyimpan 200 kuda poni kesayangan sultan. Ada sekitar 165 mobil Rolls Royces memenuhi garasinya yang semua kendaraan tersebut bisa digunakan setiap saat.

Untuk dapat mengeliling seluruh bagian istana, tempat ini memiliki sekitar 44 tangga dan 18 tangga berjalan. Sementara, untuk memberikan cahaya sempurna ketika malam tiba, Istana Nurul Iman membutuhkan 564 tempat lilin dan 51 ribu lampu. Ratusan lilin itu akan menyala ketika beberapa bagian lampu tidak menyala akibat gangguan teknis.