Kamis 02 Nov 2017 18:01 WIB

Masjid-Masjid Bersejarah di Cina (II)

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agung Sasongko
Masjid Niujie
Foto: Wikipedia
Masjid Niujie

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Selain masjid- masjid tua yang berasal dari tahun 1700an, di Cina juga ditemukan banyak masjid kuno yang tampil baru, hasil renovasi.

Segera setelah Kebangkitan Islam di abad ketujuh ketika umat Islam datang ke Cina, terutama sebagai duta besar atau pedagang.Mereka datang baik melalui darat, sepanjang jalan sutra melalui Asia tengah, dan laut, mencapai Samudera Hindia melalui Selat Malaka.

 

Sumber-sumber sejarah mengklaim bahwa pada 651, utusan mewakili Khalifah ketiga, Usman, datang ke Pengadilan Tang di Chang'an di Cina tengah. Dengan penyebaran Islam ke Asia tengah dan perubahan dari Turki ke Islam, Kota di Barat Provinsi Xinjiang (Sheen-Jee-Ahn) menjadi pusat penting budaya Muslim pada awal abad ke-10.

Terlepas dari beberapa batu nisan abad ke 12 yang ditemukan di Kota-Kota pesisir, bukti fisik pertama untuk kehadiran Muslim di Cina hingga masjid dari sekitar abad 14 di Tenggara yang saat ini banyak direkonstruksi.

Pada abad 18 dan 19, pengikut Afak Khoja, yang dimakamkan di 1693 atau 1694 di luar Kashgar di Provinsi Xinjiang, membawa gelombang Islam Timur ke Gansu, Ningxia dan daerah lain Pusat Cina. Makam pengikutnya menjadi Pusat kompleks agama yang juga termasuk kamar untuk ibadah dan mengajar.

Bangunan-bangunan ini mengadaptasi bentuk dan motif tradisional Tionghoa untuk memenuhi kebutuhan Islam. Namun demikian mereka melakukannya dengan cara yang mungkin mengejutkan pengunjung dari kawasan barat Islam. Misalnya, banyak yang dihiasi tidak hanya dengan kaligrafi Arab, tapi juga dengan pemandangan alam dan figur China tradisional.

Kota Linxia (lin-shee-a) di provinsi Gansu adalah rumah bagi banyak kompleks semacam itu, yang tidak hanya melayani pusat-pusat beasiswa Muslim, namun sebagai oasis yang sepi di tengah kehidupan kota.

Pada abad-abad sebelumnya, sangat sulit bagi umat Islam di China untuk melakukan perjalanan panjang ke pusat pembelajaran Muslim ke barat, terutama haji, atau ziarah ke Makkah, yang mungkin memakan waktu selama dua tahun.

Saat ini, umat Islam China, dengan seluruh negara, lebih terhubung ke seluruh dunia daripada sebelumnya, dan konsekuensi arsitektur ini semakin nyata.

Banyak masjid tua sekarang yang dihiasi dengan benda-benda berkilauan yang baru. Seringkali didanai dari luar negeri dan desainnya dirancang dalam gaya yang disebut Islam internasional. Gaya ini ditandai dengan kubah hijau dan ramping, menara tinggi, yang tidak satupun berasal dari desain Cina.

Salah satu contohnya berada di Yongning di Ningxia, di mana Masjid Keluarga Na yang tradisional (juga disebut Masjid Naijahu) berdiri dekat Taman Budaya Hui, yang tampaknya arsitekturnya telah banyak terinspirasi oleh Taj mahal. (Idealisa Masyrafina)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement