Senin 21 Aug 2017 23:00 WIB

Istana Shaki Khan, Sebuah Persimpangan di Eropa dan Asia

Rep: Amri Amrullah/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
Shaki Palace
Foto: Wikipedia
Shaki Palace

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bangunan bertingkat bertaburan dekorasi lukisan itu tak bisa luput dari perhatian di Shaki. Shaki adalah sebuah kota bersejarah di selatan kaki pegunungan Kaukasus. Kota yang menyimpan berbagai situs bangunan peradaban Islam di persimpangan Eropa Timur dan Asia Barat.

Kota Shaki berjarak 295 kilometer dari ibu kota Azerbaijan, Baku. Pada era Dinasti Shaki Khanate (1743-1819 Masehi), kota ini memiliki peran penting, selain sebagai ibu kota, Sakhi juga pusat perekonomian penting di antara kota-kota di sepanjang Jalur Sutra. Kota ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang menghubungkan Barat ke Timur, sebelum akhirnya diinvasi dan diambil alih oleh tentara merah Uni Soviet.

 

Salah satu bangunan peninggalan warisan dunia UNESCO di Shaki adalah Istana Shaki Khan. Bangunan Istana ini merupakan peninggalan era Shaki Khanate, yang kini wilayah kekuasaannya berada di sepanjang negara modern Azerbaijan.

Istana Shaki Khan menjadi saksi perkembangan dan kejayaan kota ini. Bangunan istana ini dibangun pada 1797 oleh Muhammad Hasan Khan, penguasa kelima Dinasti Shaki Khan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement