Kamis 19 Oct 2017 11:34 WIB

TGB Sebagai Ketua Alumni Al Azhar Cabang Indonesia

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
 Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, Prof Quraish Shihab, dan Wakil Ketua WOAG Al Azhar Prof Dr Abdul Fadhil el Qoushi.
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsyi
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, Prof Quraish Shihab, dan Wakil Ketua WOAG Al Azhar Prof Dr Abdul Fadhil el Qoushi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kegiatan Multaqa Nasional IV Alumni Al Azhar Mesir di Islamic Center, Nusa Tenggara Barat (NTB) memasuki sesi pemilihan ketua yang akan mengemudikan Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia pada Rabu (18/10) malam.

Ketua Alumni Al Azhar Mesir cabang Indonesia saat ini, Prof Dr Quraish Shihab tiba-tiba menunjuk Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai ketua yang akan menggantikan dirinya. "Jika saya dipaksa untuk terus menjadi ketua, maka saya akan menunjuk orang yang menggantikan saya," kata Quraish Shihab seraya menunjuk TGB.

Mendapat penunjukkan langsung tersebut, Gubernur NTB dua periode ini terlihat terkejut. Atas penunjukkan langsung ini, TGB segera mengembalikannya pada Quraish Shihab dan memohon agar apa yang disampaikan tadi berkenan beliau jelaskan lebih lanjut.

Penolakan halus ini mendapat tanggapan dari salah satu peserta muktamar, Ikhwanul Kiram Mashuri dan didukung oleh seluruh peserta yang secara aklamasi menunjuk TGB untuk menerima amanah sebagai ketua OIAA Cabang Indonesia sesuai penunjukan dari Qurais Shihab.

Terpilihnya Gubernur TGB sebagai Ketua secara aklamasi didasarkan kapasitas, ketokohan, kharismatik dan prestasi. TGB dinilai membawa perubahan dan kemajuan pembangunan di NTB. Bahkan, kemajuan NTB saat ini, khususnya kehidupan toleransi beragama yang sangat baik dan konsep pembangunan wisata syariahnya mendapatkan apresiasi luas dari masyarakat dunia internasional. Qurais Shihab menilai TGB sebagai pemimpin yang berhasil.

"Banyak perubahan dan keberhasilan yang telah dicapai selama memimpin NTB," kata Quraish Shihab. Quraish juga sempat mendoakan TGB menjadi pemimpin yang lebih luas ke depannya.

Karena desakan dari banyak pihak tersebut, akhirnya TGB menerima amanah sebagai Ketua Ikatan Alumni Al Azhar Indonesia. Usai acara, seluruh peserta muktamar segera mendatangi TGB untuk mengucapkan selamat dan berfoto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement