Senin , 17 July 2017, 14:29 WIB

3 Situs Warisan Krimea

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
wikimedia.org
Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur
Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinasti Krimea berdiri pada awal abad ke-15. Dinasti Krimea didirikan Haci I Giray pada 1449. Kaisar Krimea adalah keturunan Toqa Temur, putra ketiga belas Jochi dan cucu Genghis Khan. Temur menikahi salah satu cucu perempuan Genghis Khan.
 
Krimea terletak di Rusia, berbatasan dengan Ukraina. Saat terbentuknya dinasti ini, pasukan Ottoman di bawah Gedik Ahmet Pasha menak luk kan Semenanjung Krimea dan bergabung dengan Krimea pada 1475. Selama abad ke-16 dan ke-17, Krimea merupakan pusat perdagangan budak.
 
Pada 1774, Krimea dilepas dan merdeka. Kemudian, mereka dianeksasi secara resmi oleh Kekaisaran Rusia pada 1783 dan dipimpin oleh seorang Gubernur Taurida.
 
Krimea dikenal sebagai Dinasti Muslim. Beberapa peninggalan dinasti ini, di antaranya Istana the Khan di Bakhchisaray, Makam Durbe, Sekolah agama Medrese, Tekie, dan Benteng Medzhibozh.

Istana Khan di Bakhchisaray

Monumen ini merupakan monumen bersejarah dan merupakan bagian dari budaya yang penting. Bangunan ini merupakan satu-satunya contoh arsitektur istana Tatar Krimea di dunia.

Ide awal pembangunan istana ini adaah ingin me wujudkan sebuah taman surga di bumi. Pembangunan kotanya pun berbarengan dengan dibangunnya istana tersebut. Bangunan paling kuno yang terdapat di kompleks istana ini adalah Masjid Khan dan Kolam Sary Gjuzel yang dibangun pada 1532. n
 
 Pemakaman Durbe
 
Di Krimea banyak sekali mausoleum kecil yang sering digunakan sebagai pemakaman. Salah satu pemakaman kuno yang terkenal adalah Durbe. Durbe yang paling terkenal terdapat pada Benteng Chufu Kale. Namun, kini telah mengalami banyak kerusakan.
 
 Salah seorang yang dimakamkan di durbe ini adalah anak perempuan kesayangan Khan Tohtamysh Nenenkedzhan-Hanym. Dia meninggal pada 1437. Sedangkan, Khan pada abad ke-17 dimakamkan di pemakaman istana. Namun, istri kesayangannya, Kyrym-Girey, dimakamkan di Dilyary- Bikech.
 
 Dikompleks durbe kuno secara keseluruhan terdapat makam 40 orang istimewa disebut Kyrk Azizler. Di sanalah 40 orang kudus dimakamkan. Sayangnya, masjid yang terdapat di Durbe hancur total tanpa tersisa.

Sekolah Agama Medrese
 
 Sekolah agama Medrese yang paling kuno terdapat di Masjid Uzbek. Medrese atau madrasah ini dibangun pada 1332-1333 di Old Krimea. Sayangnya, hanya tersisa sebagian kecil saja.
 
 Meski demikian, madrasah ini disatukan menjadi kompleks. Terdapat lapangan, air mancur, dan tempat tidur bunga berhiaskan ukiran. Uzbek menjadi contoh pembangunan Medrese Zyndzhyrly yang dibangun tahun 1500 dekat Ashlam Saray kediaman Khan.

Berita Terkait