Jumat 25 Apr 2014 15:48 WIB

Masjid At-Taqwa, Masjid Berkubah Unik (3-habis)

Masjid At-Taqwa, Srengseng Sawah, Jakarta.
Foto: Republika/Rakhmawaty La’lang
Masjid At-Taqwa, Srengseng Sawah, Jakarta.

Oleh: Mohammad Akbar

Untuk bagian mihrab, tampilan yang menonjol hanyalah dinding berlapis material marmer. Warnanya juga dipilih lebih gelap. Selain itu, pada bagian dalam mihrab dipilih marmer berwarna yang lebih terang.

Pada bagian mihrab ini dihadirkan dua pilaster, yakni pilar yang menempel dengan dinding masjid. Bentuk pilasternya bulat seukuran langit-langit lantai dasar masjid.

 

Sedangkan, tersambung di atasnya, yaitu pilaster berbentuk kotak. Sayangnya, dengan hadirnya dua jenis pilaster tersebut justru memberikan kesan kaku pada bagian mihrab.

Bongkaran bangunan Masjid Istiqlal

Masjid At-Taqwa di Srengseng Sawah ini rupanya memiliki keterkaitan dengan Masjid Istiqlal di Jakarta.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) H Sofyan Abdul Halim menceritakan, puing bata merah, batu kali, dan besi dari Masjid Istiqlal rupanya pernah menjadi dasar bangunan dari masjid yang berada di ujung selatan Jakarta ini.

“Orang tua kita dulu membawanya dengan truk. Bongkaran batu dan besi dari Masjid Istiqlal itu kemudian membentuk hampir separuh tembok dari masjid ini,” katanya.

Sofyan tak memahami bagaimana bisa puing Masjid Istiqlal itu dapat sampai ke masjid yang kini dipimpinnya. Kala itu, ia hanya melihat. “Saya masih kecil, sekitar SD,” ujarnya.

Sofyan menjelaskan bahwa bongkahan batu dan besi dari Masjid Istiqlal itu didatangkan setelah peletakan batu pertama masjid yang dilakukan pada 4 Juli 1965.

Pada saat itu, katanya, pembangunan masjid sempat terhenti selama beberapa saat menyusul pecahnya Gestapu. “Yang jelas sejak dibangun hingga sekarang, masjid ini sudah tiga kali mengalami renovasi.”

Pada tampilan awal, masjid tersebut hanya memiliki satu lantai. Namun, saat sekarang Masjid At-Taqwa sudah memiliki dua lantai. Untuk renovasi terakhir, masjid ini menelan biaya hingga Rp 2,5 miliar.

Dana tersebut berasal dari dana swadaya masyarakat sekitar. Seperti yang tertulis pada prasasti masjid, bangunan tersebut diresmikan ulang oleh Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin pada 23 Mei 2010. “Kalau orang sini lebih mengenal Masjid At-Taqwa ini sebagai masjid Muhammadiyah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement