Rabu 22 Mar 2017 13:23 WIB

Masjid Arcapita di Bahrain Raih Al Fozan Award Atas Arsitekturnya

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Sebuah masjid di Bahrain (Ilustrasi)
Sebuah masjid di Bahrain (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  MANAMA -- Masjid Arcapita memenangkan Abdullatif Al Fozan Award. Penghargaan ini mengakui arsitektur dan kreativitas desain kontemporer dari Masjid Arcapita, yang mewujudkan karakteristik bangunan lewat keunikan dan estetika Islam.

Dilansir dari News of Bahrain, Rabu (22/3), masjid yang dirancang Skidmore, Ownings & Merrill (SOM) ini terletak di Pantai Bahrain, Manama. Sedangkan, Al Fozan Award merupakan penghargaan yang mengenali arsitektur masjid, dan telah ada sejak 2011.

Upacara penghargaan diadakan di Jeddah, dihelat langsung Penasehat Penjaga Dua Masjid Suci dan Gubernur Makkah, Pangeran Khalid Al Faisal. Penghargaan turut dihadiri Ketua Dewan Pembina Al Fozan Award Pangeran Sultan bin Salman, dan sejumlah pejabat tinggi Saudi.

Desain unik Masjid Arcapita dinilai memungkinkan masjid mendapatkan pencahayaan alami yang mengalir melalui 40 jendela dari tiga sisi bangunan. Sistem pencahayaan untuk interior dan eksterior dikendalikan jam matahari, yang menggantungkan aktivitas pada waktu shalat.

"Penghargaan bergengsi yang dimenangkan Masjid Arcapita ini mendorong kami untuk terus mengeluarkan upaya maksimal untuk membangun rumah ibadah dan masjid di seluruh wilayah (di Bahrain)," kata Ketua Dewan Arcapita Group, Abdulaziz bin Hamad Aljomaih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement