Ahad 30 Oct 2016 08:07 WIB

Ini Tiga Masjid Warisan Wali Songo

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri
Wali Songo
Foto: Blogspot
Wali Songo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali songo (sembilan wali) merupakan sembilan ulama yang menjadi pelopor dan pejuang pengembangan Islam (Islamisasi) di pulau jawa pada abad ke 15 atau pada masa kesultanan Demak. Kata ‘wali’ (Arab) antara lain berarti pembela, teman dekat dan pemimpin.

Dalam pemakaiannya, wali biasanya diartikan sebagai orang yang dekat dengan Allah (waliyullah). Sedangkan kata songo (jawa) berarti sembilan. Maka wali songo secara umum diartikan sebagai sembilan wali yang dianggap telah dekat dengan Allah SWT, terus menerus beribadah kepada-Nya serta memiliki kekeramatan dan kemampuan-kemampuan lain di luar kebiasaan manusia.

Dalam Ensiklopedi Islam dijelaskan dalam penyiaran Islam di Jawa, wali songo dianggap sebagai kepala kelompok dari sejumlah besar mubalig Islam yang mengadakan dakwah di daerah-daerah yang belum memeluk Islam.

Mereka adalah sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati. Namun masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan ahli sejarah tentang nama-nama mereka yang termasuk kelompok sembilan wali tersebut.

Dalam menyampaikan dakwahnya, para wali songo sering menggunakan budaya setempat dan membangun bangunan yang sampai sekang dapat kita saksikan. Salah satunya membangun masjid sebagai tempat berdakwah. Berikut tiga masjid yang dibangun pada masa wali songo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement