Kamis 25 Aug 2016 19:31 WIB

Keindahan Tata Ruang Masjid Agung Makhachkala

Suasana dalam Masjid Agung Makhachkala.
Foto: masjed.ir
Suasana dalam Masjid Agung Makhachkala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ingin menuntaskan rasa ingin tahu tentang keindahan Masjid Agung Makhachkala, singgahlah ke bagian dalamnya. Di bagian dalam masjid ini akan terlihat bangunan dua lantai. Namun, dari kedua lantai itu, pandangan mata kali pertama akan tersedot untuk melihat lampu gantung.

Lampu gantung seberat hampir satu ton itu berada di bagian tengah. Dalam situs culture.ru disebutkan chandelier itu didatangkan dari Suriah. Ketika lampu penerang dinyalakan, pendaran kuning keemasan akan menerangi seluruh ruang tempat ibadah, sekaligus juga memberikan kehangatan bagi para jamaah yang berada di dalamnya.

Keindahan lainnya terletak juga pada permainan hiasan dengan pola geometri dan flora. Pola hias ini hampir mengisi bagian langit-langit masjid. Terutama, pada bagian dalam kubah yang dihiasi juga dengan permainan warna-warnanya yang cerah.

(Baca: 57 Kubah Masjid Agung Makhachkala)

Ah, ketika mendongakkan kepala ke atas, akan terlihat betapa penuh ketelitian proses pengerjaan hiasan tersebut. Bahkan, di bawah kubah itu dihiasi juga dengan Asmaul Husna yang dibingkai secara terpisah dalam pola yang dibuat memikat.

Hiasan kaligrafi berbahasa Arab ini juga tertera di beberapa bagian. Semuanya diselaraskan dengan bentuk geometris yang berulang serta racikan warna yang cerah.

Semua ornamen hias itu seakan memberikan keanggunan pada pola tata ruang. Tata ruang yang lapang itu sesungguhnya masih diberikan kesan ‘ramai’ melalui permainan lengkungan yang menghubungan antarpilar yang menopang puluhan kubah. Inilah sebuah keindahan sekaligus pesona yang tersaji dari gaya arsitektur Turki. Itu bisa dilihat di sebuah masjid yang berjarak ribuan mil jauhnya dari Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement