Ahad 06 Mar 2016 06:50 WIB

5 Dosa Besar

Rep: c39/ Red: Agung Sasongko
Sesuatu yang paling ditakuti ahli tarekat ialah perbuatan syirik di dalam ibadah.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Sesuatu yang paling ditakuti ahli tarekat ialah perbuatan syirik di dalam ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai Muslim melaksanakan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya terutama dosa besar merupakan kewajiban. Dalam kitab Al-Kabair karya Syamsuddin Adz-Dzahabi telah diurai berbagai macam perbuatan yang masuk dalam kategori dosa besar.

Berikut lima dosar besar yang harus dihindari umat Islam seperti yang dijelaskan dalam Alquran.

Membunuh

Membunuh merupakan dosa pertama yang sangat besar yang harus dihindari Umat Islam. Hal ini sudah dijelaskan dalam Alquran Surah Al-An’am yang artinya, “Janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah Swt kecuali dengan alasan yang benar.” (QS Al-An'am [6]: 151).

Dalam Tafsir Qurtubi dijelaskan yang diharamkan untuk dibunuh tersebut adalah orang Islam dan orang kafir muahadah, yaitu orang non-muslim yang memiliki pernjanjian damai dengan negara Islam.

Mencuri atau Korupsi

Tindakan mencuri adalah mengambil hak orang lain secara diam-diam, termasuk korupsi yang sedang marajela di Indonesia. Perbuatan ini dimasukkan kategori dosa besar karena dapat merusak tatanan dan harmoni dalam masyarakat.

Perbuatan ini sudah ditegaskan dalam Alquran surah Al-Maidah ayat 38, yang artinya, ”Adapun orang laki-laki dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya sebagai balasan dari perbuatan yang mereka lakukan,”

Berzina, Selingkuh, dan Berhubungan Sesama Jenis

Perbuatan zina merupakan hubungan seksual di luar nikah baik suka sama suka atau tidak, termasuk selingkuh dan berhubungan sesame jenis. Dalam Aquran surah Al-Isra’ ayat 32 Allah Swt menyerukan agar tidak mendekati perbuatan dosa besar tersebut.

“ Dan janganlah kamu mendekati zina; itu sungguh suatu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al-Isra' [17]: 32).

Minum Miras dan Judi

Minuman Keras (Miras) dan Judi merupakan perbuatan haram dan dosa besar dalam Islam, termasuk juga mengonsumsi narkoba dan berbagai obat jenis terlarang lainnya. Hal ini dijelaskan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 219, yang artinya.

”Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, "Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya."

Syirik

Perbuatan syirik merupakan dosa terbesar dalam Islam. Syirik berarti keluar dari Islam, seperti halnya pindah ke agama lain, tidak menganggap wajib shalat lima waktu dan puasa ramadhan, serta melakukan dosa besar yang kemudian tidak menganggap hal itu sebagai dosa.

Allah telah mengharamkan surga bagi orang-orang yang berbuat syirik dengan menyekutukan-Nya. Allah berfirman dalam Alquran. ”Sesungguhnya barangsiapa yang menyekutukan Allah, maka sungguh Allah telah mengharamkan surga kepadanya, dan tempat kembalinya adalah neraka”. (QS Al-Maidah [5]: 72).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement