Kamis 07 Jan 2016 17:56 WIB

Ini Perkiraan Terbaru Populasi Muslim Amerika

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika
Muslim Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perdebatan politik mengenai migrasi Muslim dan isu-isu terkait di Amerika Serikat telah mendorong banyak pertanyaan mengenai angka pasti umat Islam di negara itu. Faktanya, jawaban itu tidak mudah didapat.

Biro Sensus AS tidak mengajukan pertanyaan tentang agama, yang berarti tidak ada perhitungan resmi pemerintah terhadap populasi Muslim AS.  Menjawab pertanyaan itu, Pew Research Center memperkirakan, ada kurang lebih 3,3 juta Muslim atau 1 persen dari total populasi Amerika Serikat pada 2015. Angka itu diprediksi akan berlipat ganda pada tahun 2050.

Dilansir dari situs resmi Pew Research Center, Kamis (7/1), perkiraan ini didasarkan pada proyeksi demografis yang melihat model pertumbuhan populasi Muslim Amerika, baik orang dewasa maupun anak-anak. Proyeksi tersebut memanfaatkan data usia, fertilitas, mortalitas, migrasi, dan perpindahan agama yang diambil dari berbagai sumber, termasuk survei Muslim Amerika 2011.

Menurut perkiraan Pew Research, saat ini populasi Muslim dari berbagai usia di AS masih lebih sedikit dibanding Yahudi (5,7 juta). Tetapi, Muslim lebih banyak daripada orang Hindu (2,1 juta) dan jauh lebih banyak lagi daripada Sikh.

"Di beberapa kota, Muslim secara signifikan berjumlah lebih dari satu persen di tengah masyarakat," tulis lembaga itu. Komunitas Muslim tidak terdistribusi merata di tingkat negara bagian. New Jersey misalnya, mempunyai populasi Muslim dua atau tiga kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata nasional.

Proyeksi lembaga itu juga menunjukkan populasi Muslim AS akan tumbuh lebih cepat dibanding populasi Hindu dan Yahudi dalam beberapa dekade mendatang. Bahkan sebelum 2040, Muslim diproyeksikan akan menjadi kelompok agama terbesar kedua di AS, setelah Kristen. Pada tahun 2050, populasi Muslim AS diperkirakan mencapai 8,1 juta orang atau 2,1 persen dari total penduduk.

Menurut Pew, lebih dari setengah pertambahan penduduk Muslim Amerika 2010-2015 berasal dari faktor imigrasi. Selama 20 tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim yang datang ke AS. Imigran Muslim saat ini mewakili sekitar 10 persen dari total imigran legal yang tiba di AS, ditambah sekian persen imigran ilegal.

Penyebab utama lain dari pertumbuhan populasi Muslim adalah angka kelahiran. Muslim Amerika cenderung memiliki anak lebih banyak dari penganut agama lain di Amerika. Muslim juga cenderung berusia lebih muda dibanding rata-rata masyarakat umum. Karena itu, ada sekelompok besar umat Islam akan segera berada pada usia produktif untuk memiliki anak pada tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement