Selasa 01 Dec 2015 08:33 WIB

Fungsi Vital Pemandian Umum

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Salah satu hammam di Istanbul, Turki.
Foto: Travelblog.viator.com
Salah satu hammam di Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar mandi umum atau hammam dalam sejarah peradaban Islam pada abad pertengahan, memiliki fungsi vital. Elizabet Williams, dalam History of Hammams, menulis kamar mandi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat pemandian, tetapi juga memasyarakatkan hidup sehat dan higienis.

Sebagian masyarakat kala itu, juga menggunakan kamar mandi sebagai lokasi pertemuan untuk bersosialisasi.

Di kawasan Mediterania, kamar mandi umum memiliki akar sejarah yang kuat dengan teknologi dan konsep yang cukup brilian.

Pengaruh Romawi cukup mewarnai arsitektur pemandian tersebut. Ini tak terlepas dari dominasi Romawi kala itu dari Eropa, Afrika Utara, hingga Mediterania Timur. Konsep pemandian tersebut terdiri atas ruang penerima tamu.

Ruangan yang disebut pula apodyterium itu mengantarkan pengunjung ke sejumlah ruang utama, yaitu air panas (caldarium), air  hangat (tepidarium), dan air dingin (frigidarium). Seiring dengan lemahnya pengaruh Romawi di Barat, corak Bizantium kemudian menjadi rujukan dalam desainnya, terutama dari aspek dekorasi yang tampak pada pola lantai yang dibangun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement