Kamis 23 Oct 2014 17:06 WIB

Makna Holistis Silaturrahim: Silaturahim dengan Rasulullah (2-habis)

Banyak hadis shahih yang meriwayatkan keutamaan mimpi berjumpa Rasulullah SAW.
Foto: Urdua.com/ca
Banyak hadis shahih yang meriwayatkan keutamaan mimpi berjumpa Rasulullah SAW.

Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar     

Mimpi berjumpa dengan Rasulullah merupakan kenikmatan tersendiri.

Dalam biografi para wali, Jami’ Karamat al-Auliya (dua jilid) karya Yusuf Ismail Nabhani, di antara 549 wali, ada banyak di antaranya disebutkan pernah dan sering berjumpa dengan Rasulullah SAW. Bahkan, di antaranya memberikan hikmah terhadap beberapa orang.

Pengalaman Imam Al-Gazali (1058-1111 M) ketika ditanya salah seorang muridnya, mengapa engkau sering mengutip hadis-hadis Ahad (tidak populer) di dalam kitab Ihya’ Ulumud Din, lalu ia menjawab, saya tidak pernah menulis satu hadis di dalam buku ini sebelum saya konfirmasikan kepada Rasulullah.

Padahal, Rasulullah wafat pada 632 M dan Al-Gazali wafat pada 1111 M, selisih 479 tahun. Kitab Ihya’ Ulumud Din merupakan masterpiece al-Gazali yang ditulis di puncak menara Masjid Damaskus.

Kejadian lain, Ibn Arabi (1165-1240 M), seorang sufi besar, ditanya seorang muridnya perihal bukunya, Fushush al-Hikam, yang dirasakan seperti ada misteri. Kata muridnya, setiap kali saya baca buku ini, setiap itu pula saya mendapatkan sesuatu yang baru.

Lalu dijawab, buku itu memang pemberian Rasulullah langsung kepada saya, bahkan judul bukunya pun dari Rasulullah (khudz hadza kitab Fushuhsh al-Hikam). Padahal, selisih masa hidup Rasulullah dan Ibnu Arabi terpaut 608 tahun.

Bersilaturahim dengan Rasulullah dengan cara bershalawat atau kalau dimungkinkan, menziarahi makamnya, sesuatu yang amat terpuji, sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas.

Sebagai umat Rasulullah, seharusnya kita berbangga karena para Nabi sebelumnya pun memohon untuk hidup menjadi umat Nabi Muhammad, tetap hal itu tidak dimungkinkan. Mari kita perbanyak shalawat dan silaturahim kepadanya, Allahumma shalli alaih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement