Sabtu 18 Oct 2014 11:35 WIB

Makna Holistis Silaturahim: Bersilaturahim dengan Makhluk Spiritual (2-habis)

 Rasulullah aktif menjalin silaturahim dengan makhluk-makhluk spiritual.
Foto: Paramita.typepad.com/ca
Rasulullah aktif menjalin silaturahim dengan makhluk-makhluk spiritual.

Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar      

Ketika Rasulullah hijrah ke Thaif, beliau disambut lemparan batu sampai tumitnya berdarah. Makhluk spiritual penjaga Gunung Thaif mendatangi Rasulullah untuk membalaskan rasa sakitnya, tetapi Rasulullah menolak tawaran itu.

Dalam Perang Badar, Rasulullah pernah mendapatkan bala bantuan dari  “tentara tak terlihat”. Percaya terhadap makhluk spiritual merupakan salah satu dari rukun iman, khususnya percaya terhadap malaikat.

Sebagai pengikut setia ajaran Islam, sejumlah orang bisa diberi kemampuan untuk berkomunikasi dengan para makhluk spiritual. Bahkan, orang itu bisa berguru kepada mereka.

Dalam kitab Jami' Karamat al-Auliya karyaYusuf Nabhani, disebutkan sejumlah ulama atau auliya bisa berguru kepada makhluk spiritual. Di antara mereka banyak yang diberi kemampuan untuk senantiasa berkomunikasi dengan roh Nabi Muhammad.

Dalam beberapa hadis sahih juga pernah diungkapkan jika seseorang bermimpi melihat Nabi, sesungguhnya orang itu benar-benar melihat Nabi. Satu-satunya makhluk yang tidak bisa ditirukan iblis, yakni wajah Nabi Muhammad.

Kitab Ihya Ulum al-Din karya Imam al-Ghazali juga telah mengonfirmasi mengenai hadis-hadis Ahad yang dikutip di dalamnya. Al-Ghazali mengatakan, ia tidak pernah mengutip sebuah hadis di dalam kitab itu tanpa konfirmasi sebelumnya kepada Nabi.

Nabi wafat sekitar tahun 622 Masehi dan Imam Al-Ghazali wafat tahun 1111 Masehi. Cerita yang sama juga disampaikan sejumlah waliyyullah. Kematian bukan penghalang untuk tidak menjalin silaturahim.

Bersilaturahim dengan orang tua yang sudah wafat dapat dilakukan dengan cara mendoakan mereka. Insya Allah mereka akan merasakan manfaat doa itu seperti dijelaskan Nabi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement