Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Rumah di Surga

Senin 22 January 2018 13:09 WIB

Red: Agung Sasongko

Surga (ilustrasi)

Surga (ilustrasi)

Foto: blogspot.com
Seseorang harus lebih berpikir keras lagi untuk memiliki rumah di surga,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oleh: Imam Nur Suharno

Setiap manusia berpikir untuk me miliki rumah di dunia. Me miliki rumah (tempat tinggal) yang luas dan nyaman menjadi salah satu indikator kebahagiaan di dunia (HR Ibnu Hibban). Selain sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, rumah ju ga sebagai tempat pendidikan dan mempersiapkan generasi berkualitas. Oleh karena itu, jika seseorang ber pikir keras untuk memiliki rumah di du nia, rumah yang akan ditinggalkan, maka seseorang harus lebih berpikir ke ras lagi untuk memiliki rumah di surga, rumah yang akan ditempati untuk selamanya.

Jika seseorang dapat membooking (memesan) rumah untuknya di du nia maka seseorang juga dapat mem-booking rumah untuknya di surga. Pertanyaannya, bagaimana cara mem-booking rumah di surga? Ada banyak amalan yang jika dila kukan secara istiqamah di dunia maka secara otomatis dengan amalan itu seseorang akan mendapatkan tiket booking rumah untuknya di surga. Bersegeralah.

Pertama, menunaikan shalat sunah 12 rakaat. Nabi SAW bersabda, "Barang siapa yang shalat 12 rakaat sehari se malam maka akan dibangunkan untuk nya rumah di surga." (HR Mus lim). Yaitu, empat rakaat sebelum shalat Zhu hur dan dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah shalat Maghrib, dua rakaat setelah shalat Isya, dan dua rakaat sebelum shalat Subuh.

Kedua, menutup shaf shalat yang renggang. Nabi SAW bersabda, "Ba rang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan meng angkat derajatnya karenanya dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga." (HR Ibnu Majah). Ketiga, membangun masjid. Dalam hal ini, Nabi SAW bersabda, "Barang sia pa yang membangun masjid karena Allah maka Allah akan membangunkan ba ginya rumah di surga." (HR Muttafaqalaih).

Keempat, membaca surah al-Ikh las disertai pemahaman dan penga malan. Nabi SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca qulhuwallahu ahad 10 kali maka Allah akan mem bangunkan untuknya rumah di surga." (HR Ahmad).

Kelima, berakhlak mulia. Nabi SAW bersabda, "Aku menjamin bagi sese orang dengan sebuah rumah di surga bagi siapa yang mampu meninggalkan perdebatan sekalipun benar, dan dengan sebuah rumah di tengah surga bagi yang mampu meninggalkan dusta sekalipun dalam bergurau, dan rumah di bagian atas surga bagi siapa yang mulia akhlaknya." (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Keenam, shalat Duha 12 rakaat. Dalam hal ini, Nabi SAW bersabda, "... Dan barang siapa mengerjakan shalat Duha 12 rakaat maka Allah akan membangunkan baginya sebuah ru mah di surga." (HR Thabrani). Semoga Allah membimbing kita.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES