Kamis 25 Oct 2012 14:00 WIB

Tunggu Wukuf Jamaah Baca Alquran dan Yassin

Sejumlah jama'ah dari berbagai negara sedang melaksanakan wukuf di sekitar Jabal Rahmah kawasan Padang Arafah, Arab Saudi.
Foto: REPUBLIKA
Sejumlah jama'ah dari berbagai negara sedang melaksanakan wukuf di sekitar Jabal Rahmah kawasan Padang Arafah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebagian besar maktab Indonesia di Padang Arafah seluas 3,5 X 3,5 km persegi itu telah terisi jemaah haji Rabu malam waktu Arab Saudi dan mereka menghabiskan malam menunggu wukuf sebagai rukun haji Kamis dengan berbagai kegiatan seperti membaca yasin, membaca ayat-ayat Alquran lainnya serta mendengar ceramah dari para ustad pembimbing haji.

Di maktab embarkasi Jawa Barat, misalnya, para jemaah mendengarkan ceramah dalam bahasa Sunda Rabu malam sekitar pukul 21.00. Di maktab Daker Mekkah, ustad Buchori sedang membahas topik ibadah haji yang khusuk guna menjadikan haji mabrur usai bersama-sama jemaah membaca surat Yasin.

Sementara sebagian jemaah haji asal Minangkabau beristirahat dengan lampu tenda telah padam agar pada tengah malam dapat melakukan sembahyang tahajud dan mengadakan pengajian bersama membahas keutamaan haji.

Sedangkan sebagian jemaah sedang memandangi peta nomor-nomor tenda di Arafah dan sedang berbicara dengan saudara, kerabat dan handai taulan dengan menggunakan telepon genggam yang berada di maktab lain di lingkungan Padang Arafah dan membuat janji untuk bertemu.

 

Pada saat bersamaan sejumlah bus angkutan jemaah haji terus-menerus membawa jemaah dari Mekkah masuk ke Arafah yang jaraknya sekitar 25 km. Jemaah yang tiba sebelum magrib telah mengadakan sholat magrib yang dijamak dengan sholat isya berjamaah dengan ceramah yang disampaikan salah satu ketua PBNU Slamet Effendi Yusuf di mesjid darurat di tenda yang disambung-sambung itu.

Usai sholat, jemaah yang seluruhnya telah berpakaian ihrom itu mendapat jatah makan malam berupa nasi kotak belauk ayam goreng dan sayur kacang panjang dengan irisan-irisan wortel yang ditumis. Buah jeruk dan air mineral dalam botol menyusul datang dari lokasi dapur sebelum makanan selesai disantap para jemaah.

Di lokasi tertentu di sela-sela maktab tersedia pula air panas di atas meja dengan dilengkapi bubuk kopi, teh celup, gula pasir, gelas karton dan sendok plastik. Di tenda Misi Haji Indonesia terdapat pula tenda yang dilengkapi kasur yang diperuntukkan bagi kalangan orang-orang penting VIP dan VVIP. Sedangkan tenda biasa untuk jamaah umum hanya dialasi karpet di atas tanah.

Di bagian sudut belakang maktab Indonesia yang berjumlah 72 itu, terdapat tenda Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI). Suara sirine kendaraan ambulance meraung-raung mengantar dan menjumput pasien haji yang keluar masuk tenda BPHI di bawah sinar rembulan yang terang benderang dan hembusan angin sepoi-sepoi.

Menurut rencana, kata Kabid Kesehatan Teknis Urusan Haji, dr Azimal, sekitar 200-an pasien akan disafariwukufkan dalam proses menghajikan para pasien tersebut. Selama satu jam para pasien jemaah itu akan dibawa dengan mobil ambulance ke Arafah walaujpun mungkin sedang dalam keadaan diinfus dan kemudian dikembalikan ke BPHI dan Rumah Sakit Arab Saudi untuk dirawat kembali.

Khutbah Wukuf di Arafah akan disampaikan oleh KH Hasyim Muzadi Kamis pukul 12.05 waktu Arab Saudi sedangkan pidato sambutan akan disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali selaku Amirul Hajj.

Wapres Boediono dan Menko Kesra Agung Laksono juga ikut berhaji tahun ini bersama 211.000 jemaah Indonesia sesuai kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement