Ahad 17 May 2015 17:53 WIB
Kontroversi Nada Membaca Alquran

Baca Alquran dengan Langgam, MCI: Ini Ayat Suci

Seorang Muslim tengah membaca Alquran di masjid.
Foto: Antara
Seorang Muslim tengah membaca Alquran di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Mualaf Center Indonesia, Steven Indra Wibowo mengaku terkejut melihat video tilawah Alquran dengan langgam Jawa. Menurutnya, apa yang diperlihatkan video itu hanya akan menjadi masalah.

"Selama itu bukan ayat-ayat suci Alquran tidak masalah, tapi ini ayat suci," kata Steven dalam sambungan telepon, Ahad (17/5).

Baca Juga

Steven mengatakan, ada baiknya membaca Alquran dengan apa yang sudah dicontohkan Rasulullah. Contoh tersebut begitu sempurna hingga menghilangkan kesan melecehkan. "Ada lho, kesan yang muncul ketika Alquran dibaca dengan langgam Jawa, misalnya, seperti kok kayak menonton ketoprak yah, " ucap dia.

Karena itu, ada baiknya diperkuat satu contoh dimana  ajari masyarakat membaca, memahami, dan mengamalkan Alquran dengan baik dan benar. "Itu yang lebih penting. Saya khawatir nanti ada anak-anak bertanya bolehkan membaca Alquran dengan gaya power rangers, " kata dia.

Sebelumya, Wakil Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnaen mengungkapkan membaca Alquran dengan menggunakan langgam Jawa di Istana Negara, telah mempermalukan Indonesia di kancah internasional.

Tengku merasa banyak kesalahan, baik dari segi tajwid, fashohah, dan lagunya. Menurutnya, pembacaan ayat-ayat Alquran dengan menggunakan langgam Jawa adalah hal konyol. Menurutnya, dalam Alquran sudah dijelaskan kitab suci itu diturunkan dengan huruf dan bahasa Arab asli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement