Selasa 13 Dec 2016 06:57 WIB

Amsal Digigit Nyamuk, Pengadilan Ahok, dan Makrifat Sufi

Ilustrasi humor sufi Nasrudin Khoja.
Foto: Kampunglucu.com
Ilustrasi humor sufi Nasrudin Khoja.

Amsal Digigit Nyamuk, Pengadilan Ahok, dan Makrifat Sufi

oleh: DR Iswandi Syahputra, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

---------------

Dikisahkan, seorang sufi dari Jawa Timur usai memberi ajaran makrifat pada penggiat sosial media di Jakarta. Kembali ke Surabaya mengenakan kereta api malam. Tiba di rumah, saat akan melepas sorban, ditemukan ada seekor nyamuk dalam lipatan. Dengan kedalaman ilmu haqqul yaqin (makrifat) yang dimilikinya, diketahui nyamuk tersebut merupakan 'warga' DKI Jakarta.

 

Maka diputuskannya, sore hari balik lagi ke Jakarta dengan menaiki keretapi api lagi dengan tujuan  mengembalikan nyamuk itu pada keluarganya. Memang demikianlah watak seorang sufi yang telah mencapai makrifat tingkat tinggi. Harga nyawa seekor nyamuk, sama berharganya dengan nyawa dirinya.

Sementara di belahan dunia lain, pada sebuah pos ronda di sebuah kampung petani di Bantul, Yogyakarta. Seorang warga bernama Parman,  yang lagi ronda jaga malam digigit seekor nyamuk. Berkali diusir,  namun nyamuk tetap datang lagi dan lagi tanpa diundang. Nyamuk yang datang tidak banyak, cuma satu ekor. Hanya saja, seekor nyamuk ini ditemani beberapa kawanan nyamuk lainnya.

Nah, saat seekor nyamuk itu menempel dan menggigit Parman yang sedang ronda.  Reflek, Parman langsung menepuk nyamuk. Karena situasi gelap remang, nyamuk berhasil lolos dari tepukan maut Parman yang sedang setengah terkantuk-kantuk.

Pada tepukan kedua, empat warga lain (Paijo, Ponijo, Paimin dan Paiman) yang ikut ronda memberi nasihat berbeda pada Parman yang digigit nyamuk.

Berikut nasihatnya:

Paijo: "Biarkanlah nyamuk itu menggigit, tidak akan habis darah dalam tubuh karena setetes kecil darah yang disedot seekor nyamuk. Hiduplah toleran dengan nyamuk."

Ponijo: "Jangan dibiarkan dan jangan dimatikan nyamuk yang menggigit. Usirlah dengan damai. Nyamuk juga ciptaan Tuhan!"

Paimin: " Mati-kan saja nyamuk yang menggigit. Setetes darah yang disedot nyamuk itu diperoleh tubuh melalui proses yang lama dari beberapa intisari makanan."

Paiman: "Jangan dibiarkan nyamuk menggigit kulit. Tapi  jangan pula diusir dan dimatikan. Buat saja jebakan untuk nyamuk. Sediakan garam. Nyamuk akan memakan garam karena dikiranya gula. Dia akan kehausan dan mengira White Tequila itu air. Dia minum dan mabuk. Saat terbang dalam keadaan mabuk dia akan tersandung kayu dan kepalanya terhempas membentur batu. Nyamuk akan mati".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement