Selasa 24 Feb 2015 06:19 WIB

Kembalinya Djoni Dzikir pada Islam

Tobat (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Tobat (ilustrasi).

Oleh: KH Muhammad Arifin Ilham

Subhanallah walhamdulillah sahabatku, pintu masuk perumahan Mampang Indah Dua Depok ada rumah seorang pemabuk bernama Jhoni Ao, dijuluki itu karena yang bersangkutan doyan neguk minuman keras.

Hampir semua warga Mampang mengenalnya. Kebiasaannya setiap saya dan jamaah selesai subuh di masjid, Jhoni pulang dari begadangnya dengan teriakan cihui. Mobil saya pun sepulang dakwah pernah dicegat Jhoni, padahal saat itu ada tiga mobil jamaah yang menyertai.

Alhamdulillah rasa marah tertahan bukannya karena Jhoni mabuk tetapi rasa kuat keinginan saya untuk mengajak beliau bertobat. Itu pula yang membuat jamaah menahan diri dari marah. Tekad saya untuk mengajak beliau bertobat sudah saya azamkan diiringi dengan doa tiada henti.

 

Setiap Saya bila berjumpa beliau, Saya selalu menyapa lebih dahulu. Kalau pagi Saya beli bubur atau lontong sayur bersama jamaah masjid selalu Saya bungkus untuk beliau. Saat saat saya mampir ke rumah beliau, saya melihat beliau sedang melukis wanita dengan gambar yang kurang baik.

Sambil melukis beliau merokok diselingi minum ao. Hampir empat tahun abang terus menyapa, kasih oleh oleh, mengunjungi, dan mendoakan beliau dari tahun 1999 sampai 2003. Akhirnya hari jum'at pagi beliau sendiri datang ke rumah abang yang tidak jauh dari rumah beliau.

"Ustaz, maafkan abang ya, terima kasih semua kebaikan perhatian ustaz, abang ingin shalat Jum'at bimbing ya...?" Tuturnya tiba tiba.

Saya terhenyak sebentar, "Sungguh bang?" tanyaku untuk meyakinkan. "Sungguh ustaz, abang ingin shalat!". Abang pun langsung mendekap beliau, abang menangis, beliau juga, istri abang dan yg kerja di rumah abang pun yg menyaksikan ikut menangis. Abang ajarkan cara shalat Jum'at dan shalat lima waktu. Beliau pun ikut hadir berzikir.

Warga Mampang Depok pun senang bahagia menyambut hijrah Jhoni ao. Dan kini julukan nama beliau pun ikut berubah menjadi Jhoni zikir. Bila sahabatku datang zikir ahad besok 10 Jumadil Awal / 1 Maret Ahad mulai 07 00 di Masjid Az Zikra Sentul Bogor, Insya Allah bertemu beliau.

Karena selesai zikir, beliau selalu mampir ke rumah abang. Mukanya bersih putih, rambutnya panjang, dialah Jhoni Zikir yang kini banyak mengajak para pemabuk di Depok untuk bertobat juga. Dan kini beliau tidak lagi melukis hal buruk tetapi membuat kaligrafi yang indah. Dan kaligrafi beliau yang bertulis Allah, Saya pasang di ruang tamu.

Sumber: Akun Facebook KH Muhammad Arifin Ilham

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement