Kamis 07 Sep 2017 22:00 WIB

Menjadi Wanita Karier

Wanita karier
Foto:

Sebagian kalangan memerintahkan kaum wanita hanya berdiam diri di rumah. Ada yang berpemahaman, cukup laki-laki saja yang bekerja, sementara istri dan anak perempuan mereka di rumah. Mereka berdalil dengan ayat, "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu." (QS al-Ahdzab [33]: 33).

Dalam tafsirnya, ayat ini tidak mutlak melarang kaum wanita untuk keluar rumah dengan sebab-sebab tertentu. Ayat ini tertuju kepada istri-istri Nabi SAW. Namun, dalam riwayat, istri-istri Nabi SAW pun didapati keluar rumah. Bahkan, Aisyah RA pernah mengikuti Perang Jamal sepeninggal Rasulullah SAW.

Para ulama menerapkan kaidah, al-ibrotu bikhusus as-sabab, la bi'umum al-lafaz. Maksudnya, pengambilan hukum dari suatu ayat diambil dari sebab-sebab khususnya, bukan dari keumuman lafaz hukumnya. Ayat ini menghukum kaum wanita secara umum (tidak hanya istri-istri Nabi SAW) agar tidak keluar rumah. Tetapi, ada sebab-sebab tertentu yang membolehkan mereka keluar rumah. Jadi, berdiam diri di rumah yang dimaksudkan ayat ini bukanlah tanpa pengecualian.

Pada masa Rasulullah SAW, ada beberapa sahabiyah yang punya karier di luar rumah. Ada di antara sahabiyah yang ikut berperang. Bahkan, istri Rasulullah SAW, Khadijah RA, adalah seorang pebisnis andal. Tak dimungkiri, kekayaan Khadijah RA-lah yang mendanai dakwah Rasulullah SAW di masa permulaan Islam.

Bahkan, ada beberapa bidang karier bagi wanita yang kenyataannya sangat dibutuhkan. Misalkan, menjadi bidan atau dokter kandungan. Menolong persalinan seyogianya memang ditangani kaum wanita. Demikian juga menjadi guru privat bagi kaum wanita, membuka salon kecantikan khusus wanita, dan seterusnya. Pekerjaan-pekerjaan ini adalah bidang karier bagi kaum wanita. Jadi, melarang kaum wanita secara mutlak untuk berkarier di luar rumah justru memberi kesenjangan dalam masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement