Rabu 19 Apr 2017 17:02 WIB

Saran Istri kepada Suami

Rep: Yusuf Ashiddiq/ Red: Agung Sasongko
Pasangan suami istri
Foto:

Selain itu, dari contoh yang diberikan Rasulullah, seorang suami diperbolehkan meminta saran dari istrinya. Dan istri pun dapat memberikan saran maupun masukan kepada sang suami atas satu persoalan.

Dalam tradisi Islam sejatinya dikenal konsep musyawarah sebagai sarana untuk memecahkan persoalan secara bersama. ''Bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.'' (QS Ali Imran [3]: 159)

Termasuk di kehidupan berumah tangga, musyawarah dianggap menjadi salah satu landasan pokok dalam membina sebuah keluarga bahagia, penuh kebersamaan serta selalu dilimpahi kasih sayang.

Memang, terkait kaidah Islam, suami adalah memegang kendali lebih besar daripada istri atas keluarga, sesuai fitrah yang diberikan Allah SWT. Kitab suci Alquran menyebutnya sebagai al-qiwamah (kepemimpinan dalam rumah tangga).

Hanya saja, dalam menjalani kehidupan keluarga, merupakan tanggung jawab bersama antara suami dan istri. Kepemimpinan tadi tidak lantas menafikan peran perempuan. Keduanya harus saling melengkapi dan berbagi, sesuai peran masing-masing.

Dalam kaitan ini, suami dapat meminta pendapat maupun saran dari istrinya, terutama terhadap masalah yang melibatkan pengalaman perempuan. Firman Allah SWT, ''Sedangkan urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka.'' (QS asy-Syuura [42]: 38)

Ayat Alquran telah memberi jalan keluar terbaik bagi suami dan istri jika di antara mereka menemui persoalan. Dengan saling berkomunikasi, maka akan muncul sebuah formulasi terbaik agar keluar dari belitan masalah apapun. 

Intinya, komunikasi berperan penting dalam membina kehidupan rumah tangga, di samping akan meningkatkan saling cinta, juga menghindari terjadinya konflik suami istri.

Untuk itu, suami dituntut menghargai istrinya, termasuk menghargai pendapatnya. Alquran telah mengajarkan hak suami-istri dengan perimbangan yang setara, dan itu bakal bermuara pada keutamaan nilai-nilai Islam dalam membangun rumah tangga sakinah.

Inilah esensi risalah Nabi SAW, yang dalam sejarah awal Islam mampu mengubah tatanan kebiasaan dan tata cara masyarakat Jahiliyah. Ketika istri sama sekali tak dianggap oleh suami, maka Nabi meneguhkan ajarannya dengan lebih menghargai hak-hak kaum perempuan/istri serta peranannya dalam keluarga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement