Senin 25 Sep 2017 16:56 WIB

Berhati-hatilah Saat Memasuki Toilet, karena...

Rep: mgrol96/ Red: Endro Yuwanto
Toilet (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin
Toilet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Toilet adalah salah satu tempat di rumah yang dipakai setiap hari oleh setiap penghuni. Mandi, mencuci, bahkan terkadang siapapun berlama-lama di dalam toilet dan melakukan berbagai hal, seperti bernyanyi, membaca, atau tertidur.

Tapi ketahuilah bahwa toilet adalah tempat berkumpulnya para jin. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam As yang tinggal di bumi.  "Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).’’ (HR Bukhari).

Oleh sebab itu, kamar mandi pun menjadi tempat tinggal jin dan sebangsanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri (oleh setan), jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC),” (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah).

Dalam hadits Zaid bin Arqam radiyallohu ‘anhu, dan selainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad (4/373), Ibnu Majah (296), Ibnu Hibban ( 1406), Al Hakim (1/187) dan selainnya bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Lalu dahulukanlah kaki kiri saat masuk toilet dan kaki kanan saat keluar. Karena kamar mandi pada dasarnya merupakan tempat yang kotor.

Jin memang tidak terlihat, tetapi mereka bisa melihat manusia. Dengan membaca doa tersebut, jin beserta bangsanya tertutup pandangannya sehingga tidak dapat melihat manusia ketika sedang di dalam toilet.

Maka, sebaiknya janganlah berlama-lama di toilet karena itu menjadi tempat yang banyak terjadinya gangguan jin. Tetaplah menjaga kebersihan toilet dan membaca doa setiap masuk toilet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement