Selasa 26 Jul 2016 14:44 WIB

Sahkah Talak Lewat SMS?

Perceraian di Jatim tertinggi (ilustrasi).
Foto: Listcrux.com
Perceraian di Jatim tertinggi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Talak atau perceraian sudah diatur di dalam Islam sebagaimana Allah SWT mengatur pernikahan.Allah SWT menegaskan dalam Alquran, hubungan pernikahan adalah hubungan suci dan tidak boleh dipermainkan tanpa tanggung jawab. Karena, pernikahan merupakan ikatan yang disahkan dengan nama Allah.

 

“Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-istri. Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.” (QS an-Nisa [4]: 21). Dalam hadis, Rasulullah juga memberikan penjelasan mengenai pernikahan.   

Dari Jabir bin Abdullah,  ia berkata, “Rasulullah berkhotbah di depan orang banyak dan bersabda, ‘Takutlah kalian kepada Allah dalam urusan wanita karena kalian telah mengambilnya sebagai amanah dari Allah dan kamu halalkan kehormatan mereka dengan kalimat Allah.” (HR Muslim). Talak memang perkara halal sebagai solusi darurat walaupun dibenci Allah.  

Namun, apakah dibolehkan talak melalui SMS? Pimpinan AQL Islamic Center Ustaz Bachtiar Nasir menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan bolehnya seorang suami menalak istrinya. Tetapi, jangan sampai terbesit dalam hati suami untuk menimbulkan kemudharatan/bahaya bagi istrinya saat merujuk atau menalaknya.   

“Apabila kamu menalak istri-istrimu lalu mereka mendekati akhir idahnya maka rujukilah mereka dengan cara yang baik atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik (pula). Janganlah kamu rujuki mereka untuk memberi kemudharatan karena dengan demikian kamu menganiaya mereka. Barang siapa berbuat demikian, sungguh ia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Janganlah kamu jadikan hukum-hukum Allah permainan dan ingatlah nikmat Allah kepadamu, serta apa yang telah diturunkan Allah kepadamu, yaitu al-Kitab dan al-Hikmah (sunah). Allah memberi pengajaran kepadamu dengan apa yang diturunkan-Nya itu. Dan bertakwalah kepada Allah serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS al-Baqarah [2]: 231).

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement