Rabu 22 Apr 2015 09:01 WIB

Benarkah Kurma Bisa Tangkal Sihir dan Racun?

Kurma
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak tumbuhan yang hidup di muka bumi yang belum terungkap khasiat dan manfaatnya. Pastilah, Sang Khaliq menciptakan segala sesuatu tidak pernah sia-sia, tak terkecuali tanaman. Surah al-An’am ayat 99 menyebutkan tentang manfaat tanaman.

Berbagai upaya dilakukan oleh para ilmuwan, termasuk para cendekiawan Muslim untuk menguak rahasi tanamana-tanaman itu. Salah satu pakar botani Muslim Abad Pertengahan ternama adalah ad-Dinawari (828-896 M). Ia disebut-sebut sebagai otak di balik kesuksesan Revolusi Hijau melalui bukunya yang berjudul an-Nabat. Berikut ini, beberapa tanaman berkhasiat yang pernah disebutkan dalam Alquran:

Alquran menyebutkan tanaman ini hingga 20 kali dan menempatkannya sebagai tanaman istimewa. Kurma dengan ragam jenisnya ternyata berdasarkan penelitian termutakhir, banyak memiliki manfaat dan khasiat.

Kurma kering bisa menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, kurma basah berguna mencegah terjadinya pendarahan pada perempuaan saat melahirkan, pencegah stroke, bahkan Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan, mengonsumsi tujuh kurma bisa menangkal sihir dan racun.

Ini seperti riwayat dari Sa'ad bin Abi Waqash RA berikut: "“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir”.

Dalam kitab Fath al-Bari, Ibnu Hajar al-Asqalani menguraikan, menurut al-Khatabi, kurma yang dimaksud adalah jenis kurma Ajwah yang banyak ditemukan di Madinah. Keistimewaan ini tak terlepas dari doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW terhadap kurma ini. Jadi bukan semata dzat kurma itu sendiri. Ibn al-Qayim menambahkan dalam kitabnya at-Thib an-Nabawi, mengapa harus ganjil tujuh butir pasti ada rahasia di balik itu semua, dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement