Kamis , 09 November 2017, 09:50 WIB

Pedoman Assessment Ini Diklaim Tingkatkan Manajemen RS

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Febrianto Adi Saputro
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para dokter yang sedang studi pascasarjana Manajemen Administrasi Rumah Sakit bersama Trainer utama Smart Empowerment Technique (SET) Muhamad Soleh melakukan assessment kepada 3 rumah sakit di Jakarta. Pelaksanaan ini dilakukan di beberapa bulan yang terpisah, sejak Maret hingga Oktober 2017.

Mohamad Soleh mengatakan assessment ini menggunakan 'The Baldrige Health Care Criteria for Perfomance Excellence' sebagai pedoman dalam mendiagnosa dan evaluasi kinerja rumah sakit secara menyeluruh. Selain itu, sebagai panduan dalam pengembangan dan implementasi sistem manajemen menuju Rumah Sakit Kelas Dunia. Assessment ini menindaklanjuti dari public training The Baldrige Health Care Criteria for Perfomance Excellence untuk menuju Rumah Sakit Kelas Dunia, pada tahun 2016 di Jakarta.

"Oleh karena itu, hasil dari assessment tersebut membantu pimpinan dan para tim manajemen rumah sakit dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja rumah sakit," ujar dia, kepada Republika.co.id.

 Soleh mengatakan bahwa seandainya Kementerian Kesehatan dan jajaran pimpinan dinas Kesehatan di setiap pemda melaksanakan assessment berbasis The Baldrige Health Care Criteria ini maka, maka manajemen rumah sakit akan menjadi lebih professional dan memenuhi standart rumah sakit kelas dunia.

"Sehingga efek dominonya adalah, pelayanan kesehatan dan administrasinya semakin bagus dan membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan mudah di Empowering," kata dia.




Berita Terkait