Sabtu 14 Oct 2017 22:04 WIB

Komunikasi, Solusi Menyelesaikan Persoalan Rumah Tangga

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Agung Sasongko
Pasangan suami istri.
Foto: Pixabay
Pasangan suami istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Komunikasi juga menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan suami istri dalam menyelesaikan persoalan rumah tangga mereka. Tanpa komunikasi yang baik, ketenteraman dalam keluarga bakal sulit dicapai.

Demikian dijelaskan, Ustaz Karnali dalam kajian agama yang diselenggarakan Pemuda Remaja Islam Masjid Agung at-Tin (Prisma) di Jakarta Timur, belum lama ini. Menurutnya, salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mewujudkan rasa tenteram dan kasih sayang di antara lelaki dan perempuan yang dinikahinya.

Itu seperti difirmankan Allah SWT dalam Alquran, "Dan di antara tanda-tan da kekuasaan-Nya ialah Dia ciptakan un tukmu istri-istri dari jenismu sendiri, su paya kamu cenderung dan merasa ten te ram kepadanya. Dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Se sung guhnya pada yang demikian itu be narbenar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir," (QS ar-Ruum [30]: 21).

Selain faktor komunikasi, keluarga harmonis dapat terwujud jika seorang istri mampu menjaga perasaan suami nya. Begitu pula sebaliknya, suami pun harus mampu menjaga perasaan istri nya. Dalam satu riwayat disebutkan, per nah sekali Umuml Mukminin Aisyah RA merasa amat khawatir lantaran hingga menjelang subuh ia tidak mendapati suaminya, Nabi Muhammad SAW, tidur di sebelahnya.

Dengan gelisah, Aisyah pun mencoba berjalan keluar. Ketika pintu dibuka, Aisyah merasa terkejut. Sebab, ia menemukan Rasulullah SAW sedang tidur di depan pintu. Aisyah pun lantas bertanya, "Wahai Nabi Allah, mengapa engkau tidur di sini?"

"Aku pulang larut malam. Karena khawatir mengganggu tidurmu, aku tak tega mengetuk pintu. Itulah sebabnya aku tidur di depan pintu," jawab Ra sulullah. Begitulah cara nabi memperlakukan istrinya. Sebagai Muslim, sudah barang tentu kita harus meneladani sifatsifat beliau dalam membangun rumah tangga. Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik di antara kalian adalah yang terbaik terhadap keluarganya. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku," (HR at-Tirmidzi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement