Kamis , 13 October 2016, 15:20 WIB

Mahasiswa FKPH UII Dapat Pelatihan Pemberdayaan Diri

Red: Dwi Murdaningsih
istimewa
Mahasiswa FKPH UII Dapat Pelatihan Pemberdayaan Diri
Mahasiswa FKPH UII Dapat Pelatihan Pemberdayaan Diri

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Self Empowerment Technique (SET) kembali hadir ditengah-tengah mahasiswa untuk memberikan pelatihan pemberdayaan diri. Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Lembaga YEC (Yogya Empowerment Center) yang dipimpin oleh Akmal Maulana dengan Founder SET, Mohamad Soleh yang merupakan penulis buku Smart Empowerment Technique (SET).

Akmal menyampaikan materi pada General training tentang 'Self identity and personal development' yang diselenggarakan oleh FKPH Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (Forum kajian dan penulisan hukum). Traning ini ditujukan untuk anggota baru FKPH FH UII 2016.

FKPH FH UII adalah salah satu Unit kegiatan mahasiswa yang lebih fokus pada akademik dan biasa megikuti perlombaan mulai dari debat, legal drafting, essay, penulisan karya ilmiah serta persentasi baik tingkat nasional maupun- internasional.

Akmal menyampaikan materi pengenalan sedikit tentang SET, dan personal development based on SET berprinsip pada SMART, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengaplikasikannya. Brain modality (cara berpikir) dan preferencess system (tipe atau gaya belajar) adalah fokus materi pada saat itu.

Mahasiswa diberi kesempatan langsung untuk dapat mensimulasikan atau menerapkan ilmu barunya. Antusiasme mahasiswa  bertambah ketika mahasiswa diajak untuk berpasangan dengan teman (role play) untuk melakukan asesmen gaya belajar satu sama lain. Mereka juga diberikan tips dan trick bagaimana cara belajar dan berkomunikasi dengan orang lain berdasarkan tipe atau gaya belajar mereka agar lebih efektif dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri.

Training pemberdayaan diri ini dihadiri oleh 50 lebih mahasiswa, dan ditutup dengan sedikit materi tentang motivasi oleh Akmal untuk senantiasa berkomitmen mengembangkan diri. Berkomitmen untuk selalu memperhatikan cita-cita dengan segala pikiran, percaya dengan segenap hati, dan memperjuangkannya dengan segenap jiwa-raga. Sehingga, harapannya dapat menjadi manusia seutuhnya (fully functioning person) yang dapat kontribusi baik untuk diri, orang lain dan kemajuan bangsanya pada umumnya.

Life is not about finding your self, life is about creating your self !!," kata dia.