Senin 21 Sep 2015 19:05 WIB

Bagaimana Mengatasi Tekanan di Tempat Kerja?

Stress
Stress

REPUBLIKA.CO.ID, Konsultasi SDM dan Pengembangan Diri oleh Tim Empowering Indonesia serta AEC (Azka Empowering Center) Founder Mohamad Soleh

Pertanyaan:

Saya adalah HRD di sebuah perusahaan di karawang. Saya mengalami stress yang tinggi karena adanya tekanan dari atasan untuk menerima calon pegawai dengan kompetensi bagus. Di lain pihak ada tekanan dari bawah orang lokal yang ingin bekerja diperusahaan saya yang padahal tidak memenuhi standar kompetensi. Hal itu membuat saya stress? Harapan saya bisa terbebas dari perasaan stress ini?

Jawaban:

Pada kasus kali ini kita akan membahas mengenai stress yang dirasakan oleh seorang HRD yang datang untuk dikonseling. Pertama yaitu menggunakan Teknik SET Meditasi dzikir, dengan rileks yang lama dan panjang, kemudian Teknik bersyukur. Dalam sesi pertama klien diajak untuk duduk dalam posisi meditatif dan dzikir dalam hati agar selalu dekat dengan Allah, karena segala hal berasal dan kembali kepada Alllah, pada sesi ini klien terlihat relaks, nyaman, wajahnya mulai terlihat perubahan.

Sesi kedua yaitu dengan teknik bersukur yaitu membantu klien menemukan insight sendiri dengan apa yang terjadi yaitu semakin menemukan masalah seseorang menjadi, lebih tangguh, lebih matang dan lebih berani. Dengan adanya permasalahan seperti itu akan membantu meningkatkan kompetensi yang dia miliki. Karena, dasar dari kompetensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang pernah terjadi dan memakai konsep tersebut menemukan solusi untuk permasalahan yang sejenis.

Hal ini juga sesuai dengan konsep kompetensi “show me” yaitu perlihatkan, bukan jelaskan. Diakhir sesi ketika ditanya kembali klien mendapatkan insight bahwa dengan masalah seperti ini saya bisa berkembang jika ada masalah sejenis saya bisa cepat menemukan solusinya, saya merasa sangat relask perasaan stress saya mulai menghilang, rasanya ada hal baru yang tumbuh dalam diri saya.

Terima Kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement