Senin 07 May 2018 13:32 WIB

Umat Islam Diminta Sebarkan Perdamaian

Tanggungjawab umat Islam promosikan Islam agama damai,

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Muslim Pakistan
Foto: Reuters
Muslim Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Rektor Universitas Islam Internasional Islamabad (IIUI), Profesor Dr Masoom Yasinzai mendesak masyarakat Muslim di seluruh negeri untuk menyebarkan pesan toleransi dan Islam damai. Masyarakat Muslim juga diminta fokus bersatu untuk menyebarkan nilai serta ajaran sesuai Alquran.

"Ini adalah tanggung jawab utama kami untuk menyebarkan atribut Islam di seluruh dunia untuk memperkuat kerjasama di antara masyarakat untuk mempromosikan persatuan dan perdamaian dalam ajaran Islam," kata Profesor Yasinzai dilansir dari The Express Tribune, Senin (7/5).

Ia menegaskan, masyarakat Muslim beragam tetapi Muslim harus fokus pada keseragaman. Umat Islam tidak perlu khawatir dengan tantangan yang akan dihadapi. Sebagai seorang Muslim harus mengambil inisiatif untuk mempromosikan Islam sebagai agama yang damai.

Ia menyampaikan, segala bentuk kekerasan dilarang oleh agama Islam. Agama-agama lain pun sama melarang segala bentuk kekerasan. Seruan tersebut disampaikan Profesor Yasinzai saat pidato penutupan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Internasional ke-27 untuk negara-negara minoritas Muslim.

Program tersebut diselenggarakan oleh Akademi Dawah Universitas Islam Internasional Islamabad. Ada 18 peserta dari delapan negara yang mengikuti Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Internasional ke-27 yang dimulai sejak 11 April 2018 sampai pekan ini.

Para cendekiawan dari Universitas Islam Internasional Islamabad dan universitas lainnya memberi ceramah berbagai topik agama. Situasi ajaran Islam juga dibahas oleh para peserta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement