Senin 16 Apr 2018 09:07 WIB

Masjid Bersejarah di Turki Kebakaran

Kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian interior masjid.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Tesvikiye di Istanbul, Turki terbakar saat dalam proses pemugaran.
Foto: Daily Sabah
Masjid Tesvikiye di Istanbul, Turki terbakar saat dalam proses pemugaran.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Bencana kebakaran terjadi di sebuah masjid bersejarah di kawasan Sisli, Istanbul, Turki pada Ahad (15/4). Asap pekat terlihat keluar dari menara Masjid Tesvikiye yang saat ini sedang menjalani pemugaran.

Tim penanganan darurat segera merespons kebakaran tersebut dan dapat memadamkan api. Meskipun demikian, kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian interior masjid. Dilansir di Daily Sabah, Ahad (15/4) petugas masih belum mengetahui penyebab kebakaran di masjid ersebut.

Masjid Tesvikiye merupakan masjid yang dibangun Sultan Abdul Mejid I pada 1854. Masjid yang penuh akan nilai sejarah tersebut dibangun dengan gaya bangunan neo-baroque.

Sebenarnya, pembangunan masjid tersebut merupakan tugas dari Sultan Selim III pada 1974. Akan tetapi, pembangunan selesai beberapa dekade kemudian.

 

Masjid dibangun pada era yang sama dengan Masjid Ortakoy dan Istana Dolmabahce. Masjid Tesvikiye menggambarkan keadaan Eropa pada masa itu. Hal tersebut dapat dilihat dari arsitektur yang menempatkan pilar putih pada jalan masuknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement