Ahad 18 Mar 2018 11:17 WIB

Mahasiswa Muslim Indonesia-Taiwan Kembangkan Aplikasi Halal

Pengguna bisa dengan mudah menemukan restoran dan ruang shalat di Taiwan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ani Nursalikah
Screenshot aplikasi Halal.Taiwan.
Foto: Google Playstore
Screenshot aplikasi Halal.Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Sekelompok pelajar Muslim Indonesia dan Taiwan mengembangkan sebuah aplikasi telepon pintar Halal.Taiwan (Halal.TW) untuk memandu wisatawan dan Muslim setempat.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mudah menemukan ruang shalat, restoran dan hotel halal di Taiwan. Bahkan, aplikasi juga memungkinkan pengguna mendonasikan uang ke sejumlah organisasi, termasuk Kementerian Pendidikan Taiwan.

Dilansir di Taiwan News, Rabu (14/3), kelompok mahasiswa Muslim tersebut belajar di Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan. Perguruan tinggi itu memiliki kelompok pelajar Indonesia terbesar di Taiwan. Aplikasi Halal.Taiwan dirancang memberi ketenangan pada wisatawan Muslim saat berkunjung ke negara tersebut.

Youtube

Berdasarkan data pengembang, aplikasi itu diunduh lebih dari 6.000 kali. Aplikasi Halal.Taiwan memiliki informasi tentang lokasi dan nomor telepon lebih dari 300 restoran, toko, hotel, dan ruang shalat.

Aplikasi tersebut memiliki tiga bahasa, yakni Cina, Inggris, dan Indonesia. Menurut sebuah pengantar di situs resmi Halal.TW, aplikasi tersebut adalah sebuah proyek yang bertujuan memberikan sistem dan pengalaman terbaik bagi setiap orang untuk mengeksplorasi segala hal yang halal di Taiwan.

Anggota tim pengembangan Indonesia Nur Najman Ade Putra menceritakan pernah mengunjungi Taiwan bersama orang tuanya saat masih duduk di bangku SMP. Saat itu, ia kesulitan menemukan restoran halal atau ruang shalat.

Dia memutuskan mengembangkan aplikasi tersebut untuk memecahkan masalah dan membantu orang lain dengan kebutuhan yang sama. Ia berharap aplikasi Halal.TW dapat menginformasikan Taiwan memiliki lingkungan yang menyediakan layanan halal dan ramah kepada umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement