Rabu 07 Mar 2018 20:03 WIB

Ulama Nigeria Serukan Bentuk Tentara Muslim

Tentara Muslim dibentuk untuk melawan Boko Haram.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Militer Nigeria (ilustrasi)
Foto: [ist]
Militer Nigeria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KADUNA -- Cendekiawan Muslim dari Kaduna negara bagian di Nigeria Sheikh Abubakar Mahmud Gumi menyerukan segera membentuk tentara khusus Muslim di militer Nigeria untuk memerangi Boko Haram. Boko Haram adalah organisasi militan garis keras yang bermarkas di Nigeria.

Sheikh Gumi mengatakan, masing-masing tentara harus dipimpin seorang imam atau ulama Islam. Imam tersebut akan mengarahkan perang sesuai prinsip Islam. Sebab, perang melawan Boko Haram tidak bisa berhasil tanpa menggunakan prinsip perang Islam.

"Boko Haram meneriakkan Allahu Akbar, beberapa tentara kita akan membuang senjata mereka, tapi jika kita memiliki imam yang memimpin tentara maka tentara akan berperang sebagai jihad," kata Sheikh Gumi kepada Daily Trust, dilansir di Daily Post, Rabu (7/3).

Ia menerangkan, tentara Muslim yang mengikuti prinsip perang suci insya Allah pemberontakan Boko Haram akan berakhir. Jika Boko Haram meneriakkan Allahu Akbar, tentara yang tahu mereka sedang perang suci juga akan meneriakkan Allahu Akbar. Tentara Muslim yang dipimpin imam akan berjuang sampai akhir.

 

"Saya pikir kita harus mencoba percobaan ini sehingga pemberontakan ini segera berakhir," ujarnya.

Menurutnya, peristiwa-peristiwa dalam perang Boko Haram selalu membuat heran. Banyak sesuatu yang sangat membingungkan pikiran. Oleh karena itu, harus menerapkan prinsip agama untuk perang menghadapi Boko Haram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement