Senin 19 Feb 2018 14:24 WIB

Masjid Finsbury Park Geliatkan Program Visit My Mosque Day

Di program tersebut, Masjid Finsbury mencoba bangun solidaritas.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Masjid Finsbury Park.
Foto: On Islam
Masjid Finsbury Park.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Masjid Finsbury Park di London Utara membuka pintunya bagi anggota masyarakat yang ingin berkunjung ke sana pada Ahad (18/2). Kegiatan itu merupakan bagian dari acara tahunan 'Visit My Mosque Day'.

Selama event yang berlangsung selama enam jam, para pengunjung diberikan sebuah tur masjid, berbicara dengan jamaah yang hendak beribadah, menikmati makanan gratis, dan mengikuti sesi tanya jawab dengan komite masjid dan manajemennya.

Para peserta yang hadir di antaranya kepala Dewan Muslim Inggris Harun Khan, anggota parlemen dari Partai Buruh setempat Emily Thornberry, dan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn.

Ketua Masjid Finsbury, Mohammed Kozbar, mengatakan bahwa program Visit My Mosque Day tahun ini diselenggarakan pada Ahad (18/2) yang datang pada saat yang sangat sensitif. Karena acara ini menjadi yang pertama sejak adanya serangan tahun lalu.

"Bagi masjid ini merupakan kesempatan penting untuk membangun semangat solidaritas lokal dan menunjukkan bahwa Masjid Finsbury Park lebih dari sekedar sebuah masjid," kata Kozbar, dilansir dari Anadolu Agency, Senin (19/2).

Pusat Islam (Islamic Center) adalah lokasi serangan teroris tahun lalu, ketika Darren Osbourne membawa sebuah van ke kerumunan orang yang hendak beribadah terdekat. Serangan itu menewaskan satu dan melukai banyak orang.

Corbyn, pemimpin Partai Buruh Inggris, menggambarkan acara tersebut sebagai "hari terbuka yang luar biasa di masjid." Ia mengatakan, bahwa ia telah mendukung dan telah terlibat dalam masjid tersebut selama lebih dari 30 tahun.

"Saya melihatnya sedang dibangun dan saya telah meminta nasihat biro di sini, dan memiliki hari yang terbuka membawa seluruh komunitas semua agama itu hebat. Dan itulah sebenarnya Islam. Ini tentang amal, dukungan, dan perdamaian," kata Corbyn.

Sementara itu, Thornberry dalam akun Twitternya mengungkapkan rasa senangnya saat bertemu dengan para wanita di acara masjid tersebut.

"Senang bertemu wanita di @FPMosque hari ini. Kami berbicara keamanan, komunitas dan didengar #VisitMyMosque," tulis Thornberry di Twitter.

Selain ikut serta dalam acara Visit My Mosque tahunan, masjid Finsbury juga memiliki inisiatif mingguan yang disebut 'Meal For All'. Yang mana, mereka menyediakan makanan hangat secara gratis untuk para tunawisma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement