Kamis 18 Jan 2018 16:42 WIB

Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Masjid Cambridge
Foto: www.fm-world.co.uk
Masjid Cambridge

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE -- Masjid ramah lingkungan pertama di Eropa akan segera diluncurkan November 2018. Masjid ini akan menjadi masjid bernilai tertinggi ketika selesai nanti.

Dilansir Cambridge Network, Kamis (17/1), Masjid Cambridge bernilai sekitar 24 juta poundsterling. Ketua Cambridge Mosque Trust, Tim Winter mengatakan, proyek ini melibatkan banyak pihak. "Banyak rekanan, kontraktor, dan donatur yang mendedikasikan bantuan mulia," kata Tim. Konstruksi masjid di Mill Road mulai dibangun pada 5 September 2016 dan diperkirakan selesai November 2018.

Donasi berdatangan dari banyak komunitas Muslim termasuk dari Indonesia, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Tim menyampaikan donasi ini tidak selalu dalam bentuk uang. Ada yang mengirimkan sound system, karpet, sejadah dan ornamen masjid.

Dia berharap, konstruksi basement bisa selesai dengan delapan lapangan parkir. Bantuan juga datang dari keluarga kerajaan Saudi. Namun, Tim tidak ingin menghubungkannya dengan paham Wahabi.

Menurutnya, donasi itu tidak mengikat. Selain itu, ada juga donasi yang cukup besar dari Qatar dan perusahaan swasta Turki. Masjid ini akan mampu menampung sekitar 1.000 jamaah. Sebanyak 700 untuk ruang pria dan 300 perempuan.

"Fasilitas kami akan sangat terbuka untuk perempuan, kami punya banyak konsultan perempuan," kata dia. Ada banyak area taman yang bisa digunakan komunitas mana pun. Ada juga kedai kopi yang bisa jadi tempat santai.

Masjid juga akan menyediakan ruang khusus ibu dan anak, tempat perawatan perempuan hingga terapi. Selain itu ada fasilitas pemakaman Muslim, sekolah Alquran untuk anak dan area berteknologi. Akan ada generator tenaga surya yang ditempel di atap masjid, fasilitas mengolahan air, penggunaan energi ramah lingkungan, pompa pemanas hingga ventilasi yang lengang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement