Senin 26 Dec 2016 16:02 WIB

Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Pesantren Kreatif IHAQI?

Ustaz Erick Yusuf
Foto: istimewa
Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, Modern ini, sudah begitu banyak pesantren-pesantren yang berdiri Indonesia. Namun, dari sekian banyak pesantren yang ada, hanya terdapat dua jenis pesantren yaitu pesantren salafi dan modern.

“Pesantren Kreatif iHAQi sendiri memiliki konsep yang berbeda dari dua pesantern yang ada yaitu pesantren post-modern karena mempunyai visi dan misi yang berada dengan pesantren-pesantren yang sudah ada di Indonesia,” ujar Ustaz Ifran Setya Permana, Direktur Pesantren Kreatif iHAQi dalam acara Open House, Sabtu  (24/12), dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id. Pesantren post-modern adalah pesantren yang memadukan berbagai teknologi modern dalam pembelajaran para santri tetapi tetap tidak lepas dari dasar-dasar agama Islam.

Awal pemikiran pendirian Pesantren Kreatif iHAQi bemula dari permasalahan banyak para santri di Indonesia yang belum mengenal dan menguasai digital media di zaman serba tekonologi seperti sekarang. Melihat keadaan memilukan tersebut Ustaz Erick Yusuf bersama dengan Ustaz Irfan berinisiatif untuk memprakarsai berdirinya pesantren digital iHAQi dengan visi Agamis, Universal, dan Kreatif.

“Tujuan dari Pesantren Kreatif iHAQi bukan hanya sekedar belajar seperti sekolah SMP biasa. Namun, membangun para santri agar mempunyai mimpi dan visi yang jelas setelah lulus. Sehingga, para orang tua mereka mudah untuk membimbing dan mengarahkan anak dalam menggapai mimpi," ujar Ustaz Erick Yusuf dalam Open House Pesantren Kreatif iHAQi (24/12/16).

Konsep yang diterapkan dalam Pesantren Kreatif iHAQi adalah stepping stone. Yaitu, pembelajaran secara bertahap sehingga para santri tidak perlu takut atau minder akan ketinggalan materi pelajaran.

Dalam Pesantren Kreatif iHAQi, terdapat sistem peralihan yang bukan hanya sekedar soal pengaturan jam tidur, makan, dan penggunaan gadget. Tetapi, sistem yang berupaya untuk memandirikan para santri agar lebih bijak dalam mengatur jadwal kegiatan sehari-hari mereka.

Proses pendidikan yang diutamakan bukan hanya transfer ilmu semata, tetapi juga transfer karakter oleh para pendidik handal yang merupakan lulusan strata 2 (S2). Penguasaan bahasa mutlak untuk dipelajari di zaman sekarang. Dalam Pesantren Kreatif iHAQi, para santri diarahkan untuk bisa menguasai tiga bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia sehingga para santri lulusan Pesantren Kreatif iHAQi diharapkan dapat berdakwah dengan cara modern yang cantik dikemas dengan baik dan berwawasan.

Selain pembelajaran bahasa, terdapat juga pembelajaran mengenai digital media seperti program-program TV, radio, dan jurnalistik. Pesantren kreatif iHAQi juga mempunyai kerjasama dengan beberapa media di Indonesia seperti Republika dan NET.TV agar para santri yang mempunyai keinginan atau keterampilan dalam bidang media dapat terfasilitasi dan belajar secara langsung dari sumbernya.

Kelebihan Pesantern Kreatif iHAQi dengan pesantren-pesantren lainnya adalah sistem keamanan yang terjamin selama 24 jam. Ini karena selain ada satpam, terdapat juga CCTV di masing-masing sudut ruangan pesantren yang selalu siap untuk mengawasi gerak-gerik dari para santri.

Selain CCTV, tentu juga ada pemisahan kamar anatra santri ihkwan dan akhwat dengan masing-masing santri memiliki satu kasur di asrama sehingga suasana ruang asrama para santri semakin nyaman dan menyenangkan. Pesantren Kreatif iHAQi mempunyai daya tampung santri hingga 20 orang. Terakhir, setiap satu minggu sekali pada akhir pekan para santri boleh dibawa pulang oleh orang tua mereka, sehingga para santri tetap memiliki waktu bersama dengan orang tua mereka.

Sebagai tambahan, acara Open House Pesantren Kreatif iHAQi akan rutin digelar dua minggu sekali setiap Sabtu. Jadi, bagi para orang tua maupun adik-adik yang ingin melihat dan mengetahui secara langsung mengenai Pesantren Kreatif iHAQi, bisa datang langsung saat acara Open House Pesantren Kreatif iHAQi di Jl. Bukit Raya Atas No.575 RT.02/10 Punclut, Ciumbuleuit, Bandung. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center iHAQi 081 222 58585 dan untuk pendaftaran dapat menghubungi Yowan di 0822 4053 1325 atau Nur di 0813 2022 5491.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement