Senin 19 Sep 2016 10:40 WIB

Bijaksana Menggunakan Digital Media

Pimpinan Lembaga Kreatif (iHaqi), Ustaz Erick Yusuf
Foto: ROL
Pimpinan Lembaga Kreatif (iHaqi), Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustaz Erick Yusuf

Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang pengetahuan dan teknologi di negara–negara maju itu, karena didukung oleh sistem informasi yang mapan.

Dan keseluruhan dari setiap perangkat komunikasi dan informasi yang mereka (negara maju, red) pergunakan selalu menggunakan teknologi digital. Ini, agar menjamin kualitas data yang dikirim, dan kecepatan data diterima oleh pengguna jika dibandingkan dengan pengguna yang masih mengunakan aplikasi dari teknologi analog.

Istilah digital telah menjadi bagian dari perbendaharaan kata kita sehari-hari. Sistem digital telah menjadi sedemikian luas hampir semua bidang kehidupan, dari komputer, piranti otomatis, robot, ilmu, dan teknologi kedokteran sampai kepada transportasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa dan banyak lagi.

Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masa kini, termasuk sodial media. “Manfaat sosial media, saat ini, tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan sehari hari. Saat ini, sosial media sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari," ujar Ustadz Erick Yusuf, penggagas Dakwah Kreatif iHAQi Online.

Karenanya, berangkat dari hal tersebut Ustadz Erick Yusuf gelar 'Workshop Digital Media Broadcasting' setelah gelaran Workshop pertama kali yang sudah dilaksanakan di Jakarta, 15 Mei 2016 lalu. Workshop kedua ini, akan dilaksanakan pada Ahad (18/9) bertempat di Pesantren Kreatif iHAQi Bandung, Jl. Bukit Raya Atas No.575 Punclut Bandung.

Program tersebut mengajak kalangan muda untuk ikut serta berkarya dengan cara memanfaatkan sistem informasi saat ini. Materi yang akan disampaikan berkomposisi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan era digital. Misalnya, pemanfaatan ilmu sosial media, pembuatan meme, lalu hal –hal yang berkaitan dengan ilmu broadcasting.

Program ini diselenggarakan oleh komunitas Youth Spirit Movement. Komunitas ini pun yang di prakarsai oleh Ustadz Erick Yusuf.

Selain Kang Erick, pemateri yang ikut serta dalam acara inipun, yang sudah sangat terjun dalam ilmu komunikasi seperti Kang Daan P-Project, Kang Habibie Yukezain (Founder HYCOM Digital Communication Jakarta), kang iqbal (HYCOM ) dan Kang Ilham Hassan (Kepala NET TV Jabar).

"Manfaat sosial media memang sangat besar dalam kehidupan. Namun penggunaannya harus bijaksana agar tidak mencelakakan diri Anda sendiri. Manfaat internet, saat ini, harus kita kontrol sebaik-baiknya. Maka dari itu, manfaatkan sosial media oleh hal-hal yang bermanfaat," ujar Ustaz yang biasa disapa Kang Erick ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement