Senin 16 Jul 2012 06:36 WIB

Meraih Kesempurnaan Shalat

Rep: Irwan Kelana/ Red: Chairul Akhmad
Shalat berjamaah (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri
Shalat berjamaah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT menegaskan dalam Alquran, “Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar keutamaannya (dari ibadah-ibadah yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut [29]: 45).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengemukakan, “Bahwa pada hari kiamat nanti ketika manusia dibangkitkan dari kuburnya, maka yang akan diperiksa pertama kali adalah shalatnya, jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalnya, dan jika shalatnya buruk, maka buruklah seluruh amalnya.” (HR Thabrani).

Ayat Alquran di atas— atau ayat-ayat lain tentang keutamaan shalat—dan hadis Rasulullah SAW di atas—dan hadis-hadis lain tentang keutamaan shalat—menegaskan bahwa shalat dalam Islam menempati posisi penting dan strategis.

Islam sangat memuliakan shalat dan menempatkannya di tempat tertinggi karena shalat merupakan rukun Islam yang paling penting setelah mengucap dua kalimat syahadat.

Shalat adalah bentuk hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya. Dalam mengerjakan shalat, seorang Muslim harus melakukannya dengan khusyuk (disertai ketenangan batin).

Shalat wajib dikerjakan dengan cara yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hal itu ditegaskan oleh Rasulullah, “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.”

Untuk bisa melaksanakan shalat secara sempurna, setiap Muslim perlu mempelajari tata cara shalat—baik niat, bacaan, maupun gerakan— sesuai yang diajarkan Rasulullah. Buku yang ditulis oleh Ustaz Abdul Kadir Nuhuyanan ini menguraikan panduan shalat yang lengkap dan praktis sesuai petunjuk Rasulullah SAW.

Ditulis secara ringkas tetapi padat, sistematis, disertai ilustrasi gambar, catatan atau keterangan khusus, serta transliterasi Latin di tiap-tiap ayat Alquran dan hadis, membuat buku ini sangat bermanfaat bagi kaum Muslimin untuk meraih kesempurnaan shalat.

Sesuai judulnya, buku ini menyajikan secara lengkap dan praktis panduan shalat. Dimulai dengan memahami arti shalat dan keutamaannya, lalu penjelasan tentang kewajiban shalat menurut Alquran dan hadis, kemudian ketentuan shalat dan persiapan sebelum shalat.

Judul             : Panduan Shalat Lengkap & Praktis Sesuai Petunjuk Rasulullah

Penulis         : Ustaz Abdul Kadir Nuhuyanan

Penerbit      : Akbar Media

Cetakan       : I Juni 2012

Tebal             : xii+164 halaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement