Selasa 28 Feb 2012 13:40 WIB

Ayo Sempurnakan Wudhu

Rep: Irwan Kelana/ Red: Chairul Akhmad
Buku Sehat dengan Wudhu
Foto: Blogger-index
Buku Sehat dengan Wudhu

REPUBLIKA.CO.ID, Terkait dengan ibadah shalat maupun membaca Alquran, ada satu hal yang sangat penting dilakukan oleh kaum Muslimin, yakni wudhu.

Namun sayangnya, kalau kita perhatikan, masih banyak orang Islam yang asal-asalan dalam berwudhu. Boleh jadi, bahkan banyak yang tidak sempurna wudhunya. Misalnya membasuh  tagan tidak sampai ke siku, atau membasuh  kaki tapi air tidak masuk ke dalam jari-jari kaki. Padahal, kesempurnaan wudhu merupakan syarat sahnya shalat.

Nah, agar wudhu tersebut sempurna, harus sesuai dengan ajaran Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW. Bila wudhu tersebut dikerjakan dengan sempurna, tidak hanya pahala dan sahnya shalat yang didapat, tetapi banyak hikmah kesehatan yang bisa diperoleh.

Buku ini mengupas rahasia di balik ibadah wudhu. Penulis mengutip berbagai hasil penelitian di Barat dan Timur, penulis memaparkan bahwa wudhu mempunyai banyak sekali khasiat terhadap kesehatan seseorang. Baik mencegah datangnya penyakit maupun mengobati penyakit.

 

Misalnya, wudhu bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan saraf-saraf, dan otot akan menjadi lebih rileks. Selain itu, mengurangi detak jantung dan nyeri-nyeri otot, serta menghilangkan kecemasan, dan insomnia.

Berkumur-kumur saat wudhu membersihkan kuman-kuman yang ada dalam rongga mulut, sekaligus menyegarkan berbagai organ yang ada di wajah. Wudhu juga bisa mencegah kanker kulit.  Wudhu juga berkhasiat menghilangkan berbagai penyakit, seperti kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi dan sebagainya.

Pendek kata, tegas penulis, wudhu adalah ibadah yang ringan, namun khasiatnya luar biasa. Karena itu, ayo sempurnakan wudhu kita. Buku tipis halamannya namun tebal manfaatnya itu perlu dibaca oleh semua kalangan umat Islam.

Judul buku    : Sehat dengan Wudhu

Penulis          : Syahruddin El-Fikri

Penerbit       : Al-Mawardi Prima

Cetakan        : I, Mei 2011

Tebal             : 124 hlm

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement