Ahad 06 Jul 2014 14:35 WIB

Muhammad Ali Imran, Dai Jambi Dari Suku Kubu, Penjara hingga ke Kota (2)

Ustadz Ali Imron
Foto: Istimewa
Ustadz Ali Imron

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Daerah Jambi masih banyak dikelilingi daerah pedalaman. Daerah yang terletak di Sumatera ini masih dikelilingi perbukitan dan hutan. Di Jambi juga banyak perkebunan karet dan sawit. Masyarakatnya multi etnis. Untuk daerah pelosok, selain pribumi juga banyak warga transmigrasi dari berbagai daerah, salah satunya Jawa. Di Jambi juga ada suku Kubu atau anak dalam. Suku ini tinggal nomaden atau berpindah-pindah dari satu ke daerah lain tergantung cuaca. Daerah paling banyak Suku Kubu yaitu di Batanghari dan Bukit 12.

 

Suku ini masih sangat tradisional. Mereka acapkali hanya menggunakan sarung yang diselempangkan ke tubuh. Namun, tak sedikit yang telah berpakaian sempurna. Bahasa suku ini menggunakan bahasa Jambi tempoe doloe. Karena itu, jika berinteraksi dengan mereka harus menggunakan bahasa yang sama. Kebanyakan mereka penganut animisme. Mereka punya undang-undang tak tertulis tentang alam. Mereka begitu menjunjung tinggi alam: menyatu dengan alam, dan memeliharanya.

 

Suku Dalam ini tak lepas dari bidikan dakwah Imran. Imrah beberapa kali telah berdakwah pada mereka. Untungnya, Imran yang asli Palembang ini paham sedikit bahasa Jambi. Karena itu, tak begitu sulit untuk mendakwahi mereka. Pendekatan dakwah yang dilakukan Imran melalui alam. Seperti dalam Islam, manusia juga memiliki adab dan hubungan dengan alam. Manusia harus memelihara alam dengan baik. Hal itu mudah diterima Suku Dalam. Namun, karena gaya hidup suku ini yang nomaden pendekatan dakwah agak sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement